Referensi Drama Korea Bertema Psikologi

Drama Korea bukan melulu mengenai percintaan, namun masih banyak drama korea yang memiliki berbagai tema, misalnya bertema psikologi.Setidaknya ada sekitar 2 judul drama Korea yang menyajikan tema psikologi sebagai tema utamanya. Makin banyak cerita drama dengan tema psikologi ini sepertinya dikarenakan kesuksesan drama Korea sebelumnya, It’s Okay It’s Love, yang bercerita tentang penderita penyakit schizophrenia. Tentu saja agar lebih menarik tema psikologi ini dipadukan dengan teman percintaan. Meski sama-sama menyajikan tema psikologi dan percintaan namun jalan cerita ketiganya memiliki jalan cerita unik yang berbeda.

Hyde, Jekyll, and Me (SBS)

Anda pasti pernah mendengar atau membaca novel Strange Case of Dr Jekyll dan Mr Hyde, yang bercerita tentang seorang dokter, Dr. Jekyll, yang memiliki kepribadian ganda, Mr. Hyde, yang sangat berbeda sifatnya. Terinspirasi dari cerita tersebut, Hyde, Jekyll, and Me bercerita tentang Gu Seo Jin, seorang keturunan konglomerat yang menjalankan bisnis taman bermain terkenal, Wonder Land. Tampan, cerdas, dan berduit, ia ternyata memiliki trauma masa lalu yang menjadikannya memiliki kepribadian ganda dengan sifat yang sangat berbeda dengan dirinya yang asli. Gu Seo-jin terkenal dengan kepribadiannya yang dingin, kejam, dan tidak pernah memikirkan orang lain, sementara kepribadiannya yang lain, Robin, justru sangat baik hati dan lembut. Karena kepribadiaannya inilah Gu Seo-jin berjanji untukk tidak menikah.

Konflik datang ketika ia harus berhadapan dengan salah satu pemiliki sirkus di taman bermainnya yang ingin ditutup, Hana. Sambil berusaha menyelamatkan sirkus tersebut dan selalu bertengkar dengan Seo-jin, Hana justru jatuh cinta dengan Robin.

Kill Me, Heal Me (MBC)

Sama seperti Hyde, Jekyll, and Me, drama Kill Me, Heal Me juga bercerita tentang seorang konglomerat yang memiliki kepribadian ganda. Bedanya, Cha Do-Hyun, pemeran utama, memiliki 7 kepribadian berbeda dalam dirinya. Mulai dari seorang berumur 7 tahun, dua orang saudara kembar, seorang wanita remaja, seorang kakek-kakek, dan seorang pria yang seumuran dengan Cha Do-Hyun namun dengan kepribadian yang keras, Se-gi.

Tujuh kepribadiannya ini terjadi karena  pengelaman traumatis yang terjadi saat ia masih kecil. Untuk bisa mengendalikan semua kepriadiannya ini, Cha Do-hyun meminta  Oh Ri-jin, seorang psikriatis muda, untuk menolongnya secara diam-diam. Meski begitu, Oh-Ri ohn, saudara kembar Ri-jin yang berprofesi sebagai penulis novel misteri justru terobsesi untuk membuka kehidupan Do-hyun.

Dua drama dengan tema yang hampir persis ini ternyata memang tidak lepas dari kontriversi. Penulis webtoon Hyde, Jekyll, and Me melalui akun Twitternya menuduh penulis naskah Kill Me, Heal Me menjiplak hasil karyanya. Meski dituduh seperti itu, rating Kill Me, Heal Me  nyatanya memang lebih tinggi dibandingkan dengan Hyde, Jekyll, and Me. Nah, kalau Anda lebih tertarik yang mana?

Leave a Reply

%d bloggers like this: