Rawat Sepeda Motor Kesayangan dengan Cara Ini

Merawat sepeda motor secara berkala, memang sangat penting untuk Anda lakukan. Bagaimana tidak, apabila Anda tidak pernah merawat sepeda motor ini, tentu akan berakibat fatal pada motor Anda. Entah itu, motor mengalami rusak parah ataupun malah membuat bagian dalam komponen motor tidak berfungsi dengan baik. Meski, Anda sudah melakukan ganti oli motor dengan kualitas terbagus sekalipun, tapi tidak melakukan perawatan pada sepeda motor tentu saja hal ini tidak akan membantu.

Untuk itu, agar motor tidak rusak, lakukanlah beberapa perawatan yang bisa membuat sepeda motormu kembali prima. Apa saja ya? Berikut ini adalah beberapa diantaranya. Simak, deh!

  1. Mengganti oli motor secara berkala. Supaya mesin sepeda motor Anda tidak mengalami kerusakan, sebaiknya gantilah oli motor secara berkala. Sebab, tidak mengganti oli pada motor, malah dapat mengakibatkan menurunnya performa bagian dalam komponen mesin. Untuk mengetahuinya, Anda bisa melihatnya langsung melalui buku panduan yang dulu pernah diberikan pada saat pembelian motor baru. Atau melihat tanggal servis sepeda motor Anda, dari sana Anda akan diberitahu kapan waktu untuk pengganti oli motor.
  2. Membersihkan karburator pada motor. Karburator merupakan salah satu komponen yang terdapat di dalam mesin sepeda motor, yang berfungsi untuk mengaliri bahan bakar ke bagian komponen lainnya. Apabila karburator ini dibiarkan tanpa dilakukan perawatan, maka ternyata malah bisa membuat komponen tersebut rusak parah. Maka dari itu, ada baiknya lakukan pembersihan karburator ini secara rutin. Namun, saat membersihkan komponen satu ini, usahakan Anda tidak menggunakan hair dryer tapi dengan sikat gigi atau kuas. Sebab, membersihkan karburator dengan hair dryer malah bisa merusak dinding saringan yang terdapat di dalam karburator.
  3. Memeriksa bahan bakar di tangki motor. Melakukan perawatan sepeda motor dengan cara selalu memeriksa bahan bakar yang terdapat di tangki, maka merupakan langkah tepat yang harus Anda lakukan. Sebaiknya, jangan biarkan tangki bahan bakar motor kosong, apalagi dalam waktu yang lama. Sebab, jika bahan bakar dibiarkan kosong di tangki motor, bisa merusak bagian komponen lain di sepeda motor. Bahkan, jika terkena paparan sinar matahari, malah dapat memunculkan kebocoran pada tangki motor.
  4. Melakukan service secara rutin. Merawat motor dengan melakukan servis secara rutin pun patut Anda lakukan. Lantaran, dengan dilakukannya servis ini, maka dapat mengembalikan performa mesin motor Anda. Selain itu, menservice sepeda motor juga dapat menjaga agar bagian komponen motor tetap terjaga kualitasnya.

Gimana? Mudah sekali kan merawat sepeda motor supaya tidak mengalami kerusakan? Yuks, rawat motor Anda! –SH–

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: