Punya Anak Yang Senang Ngompol? Ini Dia Tips-Nya

Si kecil masih senang mengompol meski sudah diajari buang air kecil di toilet? Nah, jangan terburu-buru melakukan konsultasi kesehatan anak pada dokter terdekat. Pasalnya, ada beberapa alasan mengapa buah hati Anda masih senang ngompol yakni: memiliki kesulitan untuk bangun dari tidur (tidur terlalu nyenyak), memiliki ketidakseimbangan hormon, mengalami ketakutan dan kekhawatiran berlebih, dan juga disebabkan oleh faktor keturunan. Sebelum pergi ke dokter, sebaiknya Anda melakukan percobaan dengan beberapa ramuan alami berikut

cara mengatasi anak ngompol

Anak Ngompol

ini dulu untuk mengurangi kebiasaan mengompol pada anak. Tidak perlu khawatir bahwa ramuan ini bisa berdampak pada kesehatan anak karena ramuannya diracik khusus dengan bahan-bahan yang ada di sekitar Anda dan sama sekali tidak berbahaya.

Berikut cara mengatasi anak ngompol:

  1. Buat ramuan dari wijen dan bubuk seledri. Meski terdengar aneh, namun susu yang diberi campuran wijen dan bubuk seledri bisa memberikan rasa hangat pada tubuh anak sehingga mengurangi instensitas keinginan untuk buang air kecil. Untuk membuatnya, cukup campurkan wijen dan bubuk seledri, aduk hingga tercampur sempurna, dan masukkan ke dalam susu anak dalam takaran kecil.
  2. Rasa manis madu membuat anak-anak senang untuk mengonsumsinya. Madu telah terkenal sebagai ramuan yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Ditambah lagi, mengonsumsi madu setiap hari bisa menguatkan daya tahan tubuh dan agar tidak mudah terserang penyakit. Untuk itu, gunakan madu sebagai pengontrol keinginan anak untuk buang air kecil. Caranya, cukup campurkan madu ke dalam susu sesuai selera.
  3. Kismis dan kenari. Kedua bahan ini sangat baik untuk kesehatan kantung kemih. Cara membuatnya, cukup kreasikan kedua bahan ini menjadi makanan yang disukai anak. Bisa juga dipadukan dengan pisang karena buah ini mengandung magnesium dan kalium yang bisa menambah kandungan nutrisinya.
  4. Hindari memberi teh manis pada anak. Tanpa sadar, kita sering memberi anak teh karena rasanya yang manis dan disukai anak. Teh memiliki sifat diuretik yang membuat siapapun yang mengonsumsinya memiliki keinginan untuk buang air kecil.

Jika Anda sudah mencoba berbagai hal di atas dan ternyata anak masih juga mengompol, tahan keinginan Anda untuk membentak anak dan menyalahkan anak. Sebaiknya cobalah untuk mengonsultasikannya pada dokter anak, untuk memastikan bahwa tidak ada masalah pada kesehatan anak yang menyebabkan kebiasaan mengompol ini. (Tr)

Tags: , , ,

Leave a Reply