Program SAP, Apakah Itu dan Pentingkah Menggunakannya?

Apa sih program SAP itu? Nah, program SAP merupakan aplikasi ERP (Enterprise Resources Planning) yang banyak dipakai oleh programmer maupun perusahaan di dunia. Software ini biasanya digunakan untuk mendukung serta meningkatkan kegiatan operasional dalam perusahaan sehingga berjalan dengan lancar, efektif, dan efisien. Di Indonesia memang sudah cukup banyak perusahaan yang menggunakan perangkat satu ini dan bekerja sama dengan SAP platinum partner Indonesia karena melihat manfaat yang diberikannya.

Program SAP sendiri memiliki tiga fungsi utama, yakni:

  • Functional yang berhubungan dengan keuangan maupun teknisi dalam perusahaan
  • ABAPer yang bertugas untuk membuat laporan dari SAP tersebut (bahasa pemrograman)
  • Basis yang berfungsi sebagai media pertahanan dan memiliki profile, peraturan, dan mengatur berbagai
    software

    software

    pekerjaan admin

Lantas, bagaimanakah cara mengoperasikan program SAP tersebut?

Melansir dari monsoonacademy, biasanya perusahaan yang menggunakan software ini akan menyewa seorang konsultan SAP dan meminta bantuan untuk mengimplementasikan program SAP dalam perusahaan mereka. Dan juga meminta bantuan dalam memberikan pelatihan untuk karyawan mereka mengenai cara penggunaan SAP. Sebenarnya mengoperasikan program SAP ini tidaklah begitu sulit, akan tetapi memang dibutuhkan pelatihan khusus agar nantinya tidak kebingungan ketika mengeksekusi langsung program tersebut.

So, apakah penting menggunakan program satu ini?

Jika bertanya mengenai pentingkah menggunakan program SAP ini, tentu jawabannya penting mengingat perannya sangat berarti untuk perusahaan. Terutama bagi perusahaan besar. Tentunya akan ada hambatan-hambatan tertentu yang terjadi ketika perusahaan tidak menggunakan SAP.

Akan tetapi, tidak semua perusahaan menggunakan software ini contohnya perusahaan kecil dan menengah. Menurut mereka manfaat yang ditawarkan oleh program ini terlalu canggih untuk perusahaan sehingga mereka memutuskan untuk tidak menggunakannya. Namun demikian, masih banyak alternatif lain yang lebih murah yang ditawarkan oleh SAP sehingga sekalipun perusahaan kecil tersebut tidak memiliki anggaran yang cukup besar untuk sistem IT, akan tetapi tetap bisa menggunakannya.

Di samping itu, cukup banyak manfaat yang bisa didapatkan apabila memakai software satu ini, di antaranya:

  • Mengurangi terjadinya human error
  • Meningkatkan konsistensi dalam proses berbisnis
  • Memastikan SOP perusahaan berjalan dengan baik
  • Meningkatkan fungsi control sekaligus monitoring di masing-masing bagian
  • dan masih banyak yang lainnya

Semoga bermanfaat! –SH–

Tags: 

Leave a Reply

%d bloggers like this: