Pintar Saat Memilih Asuransi Kebakaran

Sekarang ini, banyak masyarakat yang tinggal di Indonesia sudah sadar akan pentingnya memiliki sebuah asuransi, terutama untuk jenis asuransi kebakaran. Bagaimana tidak, dengan adanya asuransi yang satu ini, tentu saja masyarakat pun akan mendapatkan perlindungan khususnya rumah dari semua kerugian yang diakibatkan oleh terjadinya sebuah bencana seperti kebakaran. Namun, terkadang banyaknya perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi terbaik mereka, terkadang membuat banyak dari masyarakat bingung untuk memilih asuransi manakah yang cocok untuk mereka. Sehingga, tidak mengherankan jika banyak dari masyarakat tidak jadi membuat asuransi, lantaran tidak mengerti mau memilih asuransi yang mana.

Nah, untuk yang akan membuat maupun memilih sebuah asuransi yang akan menanggung resiko kebakaran, maka

asuransi kebakaran

asuransi kebakaran

sebelumnya sangat direkomendasikan sekali untuk mengikuti beberapa tips yang ada di bawah ini. Disimak, yuks!

  1. Mencari tahu jaminan yang diberikan. Pada saat hendak membuat sebuah asuransi untuk kebakaran, alangkah baiknya kalian mencari tahu jaminan apa sajakah yang diberikan oleh pihak asuransi. Jika perlu, tanyakan semua hal yang belum kalian pahami sampai benar-benar paham dan sangat jelas. Dengan begini, tentu saja kalian akan paham semua kewajiban yang akan diberikan oleh perusaan asuransi. Dan, biasanya perusahaan akan menanggung jaminan jika terjadi ledakan, tersambar petir, korsleting listrik, kerusuhan, dan lainnya.
  2. Memeriksa perusahaan asuransi. Sebelum kalian membuat asuransi yang menjamin apabila terjadi kebakaran, maka terlebih dahulu kalian harus memeriksa perusahaan asuransinya. Untuk memeriksanya, kalian bisa mengecek di Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam LK), yang berperan dalam mengawasi semua perusahaan asuransi. Apabila ada perusahaan asuransi yang sudah menawarkan banyak penawaran terbaiknya, tapi perusahaannya tidak ditemukan di Bapepam, sebaiknya kalian jangan membuat asuransi di perusahaan tersebut. Bisa jadi, perusahaan itu hanya menginginkan uang dari kalian.
  3. Memerhatikan nilai pertangggungan asuransi. Agar nantinya kalian tidak mengalami kerugian, kalian seharusnya memerhatikan nilai pertanggungan yang diberikan oleh pihak asuransi. Biasanya, pihak asuransi akan menanggung kerusakan pada properti, rumah, dan lainnya. Tetapi, apabila kerusakan terjadi diakibatkan oleh kesengajaan, pihak asuransi pun tidak akan memberikan pertanggungannya.Namun jangan hanya nilainya, bagaimana cara mengajukan klaim saat terjadi kebakaran juga harus kamu perhatikan. Jangan memilih perusahaan asuransi yang menerapkan prosedur terlalu rumit, meskipun nilai pertanggungannya besar, karena nantinya hanya akan merepotkanmu.
  4. Mengumpulkan banyak referensi dan membandingkannya. Apabila kalian hendak memilih asuransi kebakaran, sebaiknya kalian jangan hanya memilih satu asuransi saja. Akan tetapi, kalian harus mengumpulkan banyak referensi dan membandingkannya. Adanya banyak referensi, tentu saja kalian akan mengetahui setiap kelemahan maupun jaminan terbaik yang diberikan oleh pihak asuransi, sehingga kalian pun tidak akan salah dalam memilih asuransi untuk menjamin tanggungan yang disebabkan oleh kebakaran.

Demikianlah beberapa tips yang bisa kalian gunakan apabila hendak membuat sebuah asuransi untuk kebakaran. –SH–

Tags: , , ,

Leave a Reply