Pilihan Water Heater

Water heater atau alat pemanas air diperlukan dan menjadi kebutuhan untuk sebagian orang, atau bahkan Anda sendiri, terutama untuk alasan kesehatan. Berbagai manfaat yang bsa didapatkan dari w heater dapat membuat Anda mengambil keputusan untuk membelinya. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli water heater, ada baiknya mengenal dari jeni-jenis water heater.

Storage Water Heater

Sesuai dengan namanya, water heater jenis ini menggunakan tabung untuk menyimpan air, jenis ini yang biasanya digunakan secara umum degnan memakai daya listrik ataupun gas. Apabila menggunakan jenis storage water heater ini, Anda harus menyesuaikan kebutuhan air yang digunakan dengan kapasitas penyimpanan air misalnya jika kebutuhan air panas relative besar maka Anda harus menyediakan tangki dengan kapasitas besar juga. Kelebihan dari pemanas air tipe ini adalah air panas akan akan tersedia setiap saat

water heater

water heater

, hal ini karena  air di dalam tabung akan dipanaskan secara berkala. Sisi negatifnya adalah kaena air di dalam tabung akan secara berkala dipanaskan tetapi di lain sisi, biaya listrik per bulan untuk tipe ini lebih besar di banding tipe lainnya.

Tankless or on-demand water heater

Berbeda dengan tipe storage water hetaer, tipe ini justrus sama sekali tidak memiliki penyimpanan air, tetapi dengan menggunakan unit koil akan langsung melakukan pemanasan. Kelebihan dari tipe ini adalah biaya listrik per bulan lebih kecil tetapi  di lain sisi untuk mendapatkan panas yang cukup, daya listrik di rumah harus cukup

Kekurangan dari jenis ini adalah air panas tidak dapat selalu disediakan, terutama untuk pengguna yang ingin menggunakan air panas secara berkesinambungan dan dalam jumlah yang besar.

 Solar Water Heater

Tipe water heater ini merupakan tipe yang paling hemat listrik karena menggunakan tenaga matahari sebagai sumber panas. Namun dari segi harga water heater ini relative lebih mahal dari tipe lainnya. Kekurangan water heater ini adalah instalasi alat yang sedikit rumit karena harus meletakkan diatas atap rumah, selain itu alat ini tergantung  dari panas matahari yang ada sehingga bila memungkinkan, pilihkan solar water heater yang mempunyai tenaga cadangan bila matahari sedang tidak “bersahabat”.

Sebelum memutuskan membeli water heater ini, pastikan Anda tidak salah membeli.

Tags: , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: