Pilih Mesin Fax Saja atau Printer 4in1 ya?

Ketika Anda sedang berada di toko yang jual Router Wifi, printer, mesin fax dan router untuk membeli mesin fax, mungkin Anda sering dibuat bingung karena dihadapkan pada 2 pilihan. Yap, sebelum mempertimbangkan hal lainnya saat membeli mesin fax, menentukan apakah Anda mau membeli mesin fax saja ataukah printer 4in1 (copy, scan, print, fax) akan menjadi hal pertama yang harus Anda putuskan.

Tidak perlu bingung, artikel ini akan memberikan informasi mengenai keuntungan dan kerugian jika Anda memilih

printer 4in1

salah satu dari kedua benda tersebut.

  • Jika kamu membandingkan harganya, harga mesin fax saja tidak berbeda jauh dengan printer 4in1. Bahkan ada loh beberapa mesin fax yang harganya sama atau lebih mahal jika dibandingkan dengan printer 4in1.
  • Dari segi praktis, jelas printer 4in1 jauh lebih praktis karena hanya dengan 1 alat Anda sudah bisa melakukan berbagai fungsi. Memang ukuran printer ini biasanya lebih besar daripada printer lain pada umumnya. Akan tetapi jika kamu bandingkan dengan tempat untuk menyimpan printer dan mesin fax dengan hanya menggunakan printer 4in1, jelas akan lebih hemat tempat jika menggunakan printer 4in1.
  • Printer 4in1 banyak yang menggunakan tinta infus, sehingga cenderung lebih hemat. Berbeda dengan mesin fax yang menggunakan cartridge ataupun pita untuk tintanya. Artinya Anda akan memiliki double cost karena harus memikirkan biaya tinta untuk printer dan mesin fax.
  • Jika Anda melihat penjelasan di atas, Anda mungkin langsung berpikir bahwa printer 4in1 adalah pilihan yang tepat. Eits, jangan langsung mengambil keputusan, ada satu hal penting lain yang harus Anda pertimbangkan yaitu saat mesin mengalami kerusakan. Yap, jika Anda menggunakan printer 4in1, ketika salah satu fungsinya tidak bekerja normal sehingga harus diservice, Anda tidak akan bisa menggunakan keempat fungsi lainnya karena mesin sedang diservice. Sementara jika mesin fax dan printer terpisah, saat salah satunya mengalami kerusakan tidak akan mengganggu fungsi lainnya.

Semoga penjelasan di atas dapat membantu Anda dalam mengambil keputusan yang tepat ya. (Vita)

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: