Perusahaan Wajib Menggunakan Sistem PABX

Tahukah Anda apa itu sistem telepon PABX? Mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahuinya. Padahal sistem telepon ini sudah digunakan untuk berbagai keperluan di sekitar Anda. Misalnya saja, ketika Anda menelepon ke sebuah perusahaan dan ada suara operator yang menjawab telepon Anda. Hal tersebut sebenarnya sudah menjadi salah satu bagian atau fitur dari sistem ini.
Pada umumnya, yang menggunakan sistem telepon ini adalah perusahaan yang memiliki karyawan setidaknya lebih dari 3 atau sesuai dengan kebutuhan. Sistem ini akan memungkinkan penggunanya untuk membagi line telepon ke dalam beberapa bagian yang disebut ekstensi. Itulah sebabnya, biasanya perusahaan hanya memiliki 1 nomor

PABX

telepon saja namun dapat dimanfaatkan untuk beberapa pesawat telepon.
Selain itu, sistem ini juga memiliki fitur lainnya yang umum digunakan, yaitu:
• Greeting otomatis yang akan membuat panggilan yang masuk dijawab oleh operator terlebih dahulu sebelum dihubungkan ke ekstensi yang dituju. Anda akan sering menemukan penggunaan fitur ini pada perusahaan dibidang layanan yang menggunakan service center seperti perbankan, asuransi atau provider telekomunikasi.
• Tidak hanya telepon saja yang dapat dibagi ke beberapa pesawat telepon. Sistem PABX ini juga memungkinkan Anda untuk membagi satu nomor line fax ke dalam beberapa mesin fax. Jadi Anda tidak perlu memasang beberapa line telepone hanya untuk memenuhi kebutuhan fax Anda.
• Anda bisa melakukan pelacakan penggunaan telepon kantor. Jadi jika Anda merasa ada yang tidak wajar pada tagihan telepon, Anda tinggal melihat daftar panggilan telepon kantor. Apakah penggunaannya memang sesuai fungsinya ataukah ada penggunaan di luar urusan kantor yang membuat tagihan meningkat.
• Jika masalah tagihan tidak selesai dengan melacak panggilan keluar, Anda bisa memanfaatkan fitur restrict pada sistem PABX. Sistem ini memungkinkan Anda untuk mengatur ekstensui mana saja yang boleh dan tidak boleh melakukan panggilan. Anda bisa mengatur hanya beberapa divisi yang berkepentingan saja yang bisa melakukan panggilan, seperti sales dan finance.
• Fitur restrict juga bisa dilengkapi dengan password. Hal ini mengijinkan beberapa orang yang mengetahui password untuk melakukan panggilan melalui ekstensi yang dikunci.
Sebenarnya masih banyak lagi fitur lain dari sistem ini yang sangat bermanfaat bagi perusahaan Anda. Coba saja bayangkan jika Anda memiliki 5 divisi saja dalam perusahaan dan Anda tidak menggunakan sistem PABX ini, artinya Anda harus menyediakan nomor telepon sejumlah yang dibutuhkan. Akan merepotkan, bukan?
Nah satu lagi, agar Anda bisa merasakan manfaat dari telepon PABX dalam waktu yang lama, jangan lupa untuk merawat PABX dengan baik dan benar agar awet. (Vita)

Tags: , ,

Leave a Reply