Perusahaan Startup, Haruskah Menyewa Kantor?

Kantor yang selama ini kita kenal biasanya merupakan serviced office yang menyediakan ruangan luas dan fasilitas lengkap. Namun, dengan jumlah pegawai yang masih sedikit, perlukah perusahaan startup menyewa kantor (serviced office)? Ada banyak pertimbangan yang perlu diperhatikan. Masih ada banyak kantor lain seperti coworking space Sudirman, unit ruko, bahkan unit apartemen yang bisa dijadikan untuk perkantoran. Jadi jangan gegabah, sebelum menentukan untuk menyewa kantor, Anda harus mengenali beragam jenis kantor terlebih dahulu. Terkadang sebuah perusahaan startup tak selalu membutuhkan serviced office, alternatif baru untuk bisnis modern. Namun, jika memang Anda memutuskan untuk menyewa serviced office, ada beberapa hal yang perlu

interior kantor

interior kantor

diperhatikan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Track record. Rekam jejak atau track record serviced office bisa menjadi tolak ukur untuk menilai kualitasnya. Dari track record, Anda bisa melihat kelebihan dan history mereka. Coba cari tahu track record mereka melalui profil di website atau bertanya pada klien yang pernah menyewa serviced office tersebut.
  • Lokasi. Tentunya lokasi menjadi hal yang sangat penting. Selain bisa menentukan image perusahaan Anda, lokasi yang strategis dan mudah dijangkau juga bisa memudahkan karyawan Anda untuk bekerja.
  • Fasilitas. Kemudian fasilitas juga sangat penting untuk diperhatikan. Coba tanyakan secara detail fasilitas apa saja yang akan Anda dapat ketika menyewa serviced office tersebut. Misalnya seperti internet, ruang meeting, cleaning service, dan lain-lain.
  • Harga. Baru, sesuaikanlah harga sewa serviced office tersebut dengan budget yang Anda miliki. Percuma saja kan, jika serviced office menawarkan fasilitas yang baik namun harganya jauh di atas budget yang Anda miliki?

Namun, jika dibandingkan dengan coworking space, sepertinya biaya menyewa serviced office masih terlalu mahal dan mungkin fasilitasnya akan banyak yang terbuang karena biasanya perusahaan startup masih memiliki pegawai yang sedikit dan tidak perlu datang ke kantor setiap hari. Coba pikirkan untuk memilih coworking space sebagai tempat bekerja untuk startup. Ada beberapa manfaat yang diberikan, seperti lebih menghemat operational cost, dapat memperluas network, dan biasanya suasana coworking space pun lebih cozy. Bagaimana menurut Anda? Semoga membantu! (Rima)

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: