Pertimbangan Saat Membangun Ruko

Tidak bisa disangkal, kebutuhan pasar atas tersedianya ruko-ruko memang semakin meningkat. Bisnis yang terus maju dan ekspansi pasar internasional membuat masyarakat berlomba-lomba mencoba peruntungannya dengan membuka ruko. Padahal, membuat ruko bukanlah sesuatu yang mudah. Perlu usaha dan juga biaya yang tidak sedikit untuk mewujudkannya. Apalagi, jika memutuskan untuk menggunakan beton sebagai bahan dasar bangunan dan pembuatan pagarnya, akan semakin banyak biaya yang dibutuhkan mengingat harga pagar panel beton yang tidaklah tergolong murah.

Sebelum membangun ruko, sebaiknya ada beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan Anda. Hal tersebut adalah:

  1. Sisi legalitas bangunan. Patut diketahui, prosedur pembangunan dan perizinan ruko memang berbeda dengan pembangunan rumah. Tidak ada syarat yang terlampau rumit dan juga ribet seperti pengurusan bangunan
    membangun ruko

    membangun ruko

    rumah. Biasanya, dinas perizinan hanya akan meminta lahan parkir yang sesuai di depan ruko sehingga tidak mengganggu aktivitas di jalan raya. Namun demikian, tetap perhatikan legalitas dalam pembangunannya. Penuhi setiap syarat yang diminta, periksa semua keaslian surat-suratnya, dan juga sisi legalnya.

  2. Kesiapan dana. Membangun ruko membutuhkan dana yang tidak sedikit. Pasalnya, yang harus diperhatikan bukan hanya ‘bangunan’ jadi saja tetapi juga melibatkan interior di dalamnya hingga benar-benar siap untuk dipergunakan. Selain itu, kualitas material yang digunakan dan bagaimana kualitas hasil jadinya akan sangat dipengaruhi oleh kesiapan dana Anda. Misalnya, jika menggunakan beton sebagai material utama, maka Anda juga harus mengetahui kelebihan dan kekurangannya, serta penyebab beton rawan kebocoran untuk mencegah hal ini terjadi. Untuk itu, ketika sudah memutuskan untuk membangun sebuah ruko, maka Anda pun harus siap dengan semua dana yang harus dikeluarkan saat proses pembangunan.
  3. Melihat peluang usaha. Perlu diingat, membangun ruko tidak boleh hanya sekadar membangun saja. Anda pun dituntut untuk memiliki kemampuan membaca arah perkembangan bisnis, atau sederhananya melihat peluang usaha. Akan dipergunakan sebagai apa ruko tersebut? Bagaimana kira-kira sambutan masyarakat dengan ruko Anda? Apakah usaha yang Anda jalankan akan lancar? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu wajar Anda kemukakan ketika hendak menentukan lokasi ruko.

Ketiga hal di atas merupakan pertimbangan yang harus dilakukan ketika hendak membangun sebuah ruko. Satu hal yang wajib diingat, membangun ruko tidak bisa dilakukan dengan instan dan cepat karena perlu perencanaan yang matang agar tidak gagal. Semoga dapat memberi gambaran untuk Anda.

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: