Persiapkan Hal Ini Sebelum Mengajukan Pinjaman ke Bank

Tidak bisa disangkal, dalam hidup ini pastinya kamu pernah mengalami keadaan ‘butuh uang’ dan harus segera mengajukan pinjaman tunai ke bank. Entah itu untuk menutupi kebutuhan sehari-hari atau bahkan untuk kebutuhan mendadak yang tidak bisa ditunda lagi. Namun demikian, masalah pinjam meminjam ini bukanlah hal sepele yang bisa dilakukan tanpa pertimbangan. Kamu perlu mempersiapkan beberapa hal di bawah ini sebelum

tips investasi

mengajukan pinjaman ke bank agar tidak salah langkah.

  1. Cek kredibilitas bank-nya. Sebelum kamu mengajukan form pinjaman uang, jangan lupa sisihkan waktu untuk melakukan survey terlebih dahulu.Cek kredibilitas lembaga keuangan yang hendak kamu gunakan. Pastikan bahwa bank tersebut sudah dijamin oleh pemerintah.
  2. Hitung suku bunga. Ingatlah bahwa tidak ada sesuatu yang gratis di dunia ini. Ketika kamu mengajukan pinjaman, maka bank pun akan menetapkan suku bunga yang harus kamu bayarkan. Untuk itu, kamu harus menghitung dana pinjaman beserta bunga yang harus dibayarkan dan memahami jenis perhitungan bunga pinjaman di bank. Dengan menghitung suku bunga ini, kamu akan memiliki gambaran tentang seberapa besar total pinjamanmu.
  3. Jangka waktu pinjaman. Selain melihat suku bunga, kamu pun harus melihat seberapa besar jangka waktu pinjaman yang ditetapkan. Semakin cepat jangka waktu pinjamannya, maka angsuran yang dibayarkan pun akan semakin besar. Begitu juga sebaliknya, semakin lama jangka waktu pinjaman, maka angsuran yang dibayarkan semakin rendah. Kamu harus cerdik memilih jangka waktu pinjaman ini dan sesuaikan dengan kondisi keuanganmu.
  4. Buat rencana pembayaran. Nah, hal ini juga penting: memiliki pinjaman artinya kamu harus siap untuk membayarkan cicilan setiap bulannya. Itu artinya pengeluaranmu setiap bulan semakin bertambah. Buatlah daftar pengeluaran setiap bulan dan atur bagaimana rencana keuanganmu setiap bulannya. Pastikan bahwa cicilan ini terbayar secara rutin dan pengeluaran lain pun bisa ter-

Itu dia beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum mengajukan pinjaman ke bank. Untuk itu, jika memang tidak terlalu terpaksa, sebaiknya hindari berhutang ke bank. Semoga bermanfaat!

 

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: