Perlukah Menggunakan AdBlocker?

Mungkin kamu pernah merasakan, sedang asik membaca artikel menggunakan paket internet rumah, lalu tiba-tiba halamannya terhalang oleh iklan. Duh, rasanya pasti sangat menyebalkan sekali ya. Apalagi, jika iklannya adalah sesuatu yang tidak kamu butuhkan. Atau malah, iklan yang sebenarnya kurang pantas (iklan yang berisikan pornografi). Pasti terasa makin menyebalkan kan?

Nah, jika kamu mengalami hal ini kamu bisa memasang adblocker pada browser yang kamu gunakan. Ada beragam jenis adblocker yang bisa kamu install, namun sebenarnya semuanya sejenis jadi kamu bebas memilih mana yang menurutmu paling bagus. Adblocker ini biasanya berbentuk extension, sehingga kamu harus menginstallnya pada

setiap browser yang kamu gunakan. Setelah adblocker ini diinstall, dijamin kamu akan terbebas dari beragam iklan yang sering muncul dan mengganggu kegiatanmu berseluncur di dunia maya.

Tidak hanya itu saja keuntungan menggunakan extension ini, dengan tidak munculnya iklan, maka proses loading dapat berjalan lebih cepat. Sebab, biasanya iklan yang muncul adalah konten yang berupa gambar. Artinya, akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membuka kontent gambar daripada tulisan, apalagi saat koneksi internet sedang lambat. Semakin banyak iklan dalam sebuah situs, berarti semakin banyak juga waktu yang dibutuhkan untuk membuka semua konten iklan ini. Nah, dengan menggunakan adblocker, semua konten ini akan terblok otomatis sehingga hanya konten berupa tulisan saja yang muncul. Jadi, proses loading akan lebih cepat.

Namun, ada beberapa situs khusus yang melarang pengguna adblocker untuk membaca konten yang ada di dalamnya. Biasanya, pemilik situs akan memasang script khusus dan memberikan peringatan kepada pengunjung yang menggunakan adblocker agar mematikan fungsi adblocker terlebih dahulu. Pada umumnya, situs yang menggunakan peraturan ini adalah situs yang mendapatkan penghasilan dari pemasang iklan di situsnya.

Yap, dengan menggunakan adblocker, artinya kamu memblok iklan yang muncul. Secara tidak langsung, kamu menutup kemungkinanmu untuk melihat produk yang ditawarkan oleh sang pemasang iklan, dan tentunya jika kamu berada diposisi pemasang iklan hal ini akan sangat merugikan. Sebab itulah, adblocker merupakan salah satu aplikasi yang sangat tidak disukai oleh advertiser atau pemasang iklan. (Vita)

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: