Perlu Dihindari, Faktor-faktor Ini Bisa Mempercepat Usia Ban Mobil!

Menjaga kondisi ban mobil tak kalah penting dengan menjaga bagian lainnya. Selain service kendaraan secara rutin, mengecek kondisi ban secara berkala juga diperlukan. Tak harus ke bengkel, Anda cukup memeriksa kondisi ban sendiri. Tentunya Anda sudah tahu alasan mengapa memeriksa ban secara berkala perlu dilakukan. Ya, sebab kondisi ban sangat berpengaruh pada berbagai aspek saat berkendara, terutama keselamatan. Jangan sampai Anda lalai dan membiarkan kondisi ban hingga akhirnya ban jadi cepat botak dan aus. Karena itu, hindarilah beberapa

ban mobil

ban mobil

faktor di bawah ini yang dapat mempercepat usia ban mobil Anda.

  • Tidak menjaga tekanan angin

Banyak orang yang tidak awas dengan kondisi ban sehingga kerap tidak menjaga tekanan angin. Padahal menjaga tekanan angin merupakan hal paling utama untuk menjaga kondisi ban agar tetap prima. Tekanan angin ban di bawah standar yang direkomendasikan dapat menyebabkan ban pecah saat mobil melaju. Tentunya hal ini dapat membahayakan keselamatan saat berkendara. Jadi lebih baik menjaga tekanan angin daripada harus mengganti ban sering-sering dan mempertaruhkan keselamatan.

  • Tidak merawat bagian kaki-kaki

Bagian kaki-kaki mobil juga berperan penting dalam berkendara. Jika tidak terawat, kondisi kaki-kaki yang tidak sehat dapat bisa membuat alur ban lebih cepat habis. Karena itu, periksakan kondisi kaki-kaki mobil secara rutin dan jika sudah diperlukan, lakukan spooring atau balancing agar ban lebih harmonis ketika melaju. Spooring dan balancing yang telat dapat memengaruhi alignment ban sehingga membuat mobil terasa miring saat dikendarai. Jika sudah miring, kemungkinan terkikisnya ban akan lebih cepat dan tidak merata.

  • Kelebihan muatan

Terkadang saat ada keperluan seperti pindahan atau mudik, pengendara terpaksa menambahkan muatan pada mobil. Hal ini dapat menjadi masalah ketika muatan mobil melebihi bobot dan batas kemampuan ban mobil. Jika bobot yang berlebih diakumulasikan dengan perjalanan waktu yang lama, maka alur ban mobil akan lebih cepat habis. Bahkan kondisi dinding ban juga dapat mudah retak dan lapisan luar ban akan mudah terkelupas.

  • Perilaku menyetir yang kurang baik

Perilaku menyetir juga tidak lepas dari faktor yang memengaruhi kondisi ban, salah satunya adalah cara pengereman. Cara pengereman yang mendadak ternyata dapat memperpendek umur ban karena memperbesar gaya gesek permukaan ban ke aspal. (source: otomania.gridoto.com)

Tidak sulit kan menghindari keempat hal tersebut? (Rima)

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: