Perlengkapan di Masa Kehamilan

Pada masa kehamilan, banyak hal yang harus dipersiapkan, misalnya baju hamil yang merupakan persiapan awal. Setelah baju hamil masih ada beberapa persiapan yang harus Anda kroschek juga apakah sudah Anda miliki atau belum.

BH (breast holder) atau Bra.

Anda membutuhkan Bra baru setelah usia kehamilan Anda lebih dari 20 minggu, karena payudara And sudah mengalami perubahan.

masa kehamilan

masa kehamilan

Bagi Anda yang berpayudara besar, lebih baik pilih dengan tali bahu lebar sehingga dapat menahan berat payudara. Pastikan penyangga bra di bawah cup bra terasa nyaman untuk dipakai dan tidak terlalu ketat. Jenis yang tanpa kawat penyangga lebih disarankan untuk Anda karena berisiko lebih kecil mencederai jaringan payudara Anda yang menjadi lebih lunak selama masa kehamilan.

Celana dalam

Setelah kehamilan memasuki usia 16 minggu, Anda biasanya sudah harus mengenakan celana dalam dengan ukuran yanglebih besar atau celana dalam khusus ibu hamil. Untuk celana dalam ini ada 2 pilihan :

–  maternity briefs atau grandma panties, yaitu celana dalam yang menutupi perut sampai di atas pusar.

– bikini panties, Celana dalam yang hanya menutupi perut di bawah pusar pada garis perut (bikini line).

Selama masa kehamilan, sangat disarankan Anda memilih celana dalam yang : –

– Berbahan dasar katun atau kaus untuk menghindari kelembapn dan infeksi jamur atau bakteri.

-Pilih celana yang nyaman dipakai,misalnya karet celana tidak menekan perut, pinggang dan lingkar paha, serta bisa menutupi dan menopang perut serta bokong dengan baik, namun tidak terlalu ketat menekan bagian selangkangan.

Kaus Dalam

Memang jarang yang menggunkan kaus dalam di negera kita yang tropis ini, namun kaus dalam tidak salah bila Anda pakai juga selama masa kehamilan jika Anda berada diruangan ber- AC. Selain berfungsi, menghangatkan tubuh juga dapat menopang beban perut .

Penyangga perut.

Penyangga perut dapat berfungsi agar Anda tetap nyaman beraktifitas terutama pada trimester pertama dan kedua ketika kehamilan terasa menarik seluruh area panggul dan punggung yang mengikuti gaya gravitasi bumi.Penyangga perut ini ada 2 jenis :

–   Belly belt

Merupakan perpanjangan lingkar pinggang celana panjang yang dipakai dengan membuka bagian resleting. Pada bagian kanan dan kiri terdapat pengait untuk mengaitkan sisi kanan dengan kiri saat membuka celana panjang. Cocok untuk usia kehamilan trimester pertama.

–   Maternity belt

Ini merupakan penyangga perut sebenarnya, bentuknya menyerupai ikat pinggang dengan bantalan di bagian depan. Terbuat dari bahan elastis yang akan mengikuti ukuran perut yang membesar.Maternity belt ini sesuai untuk kehamilan yang  memasuki bulan ke-5. Maternity belt ini tentu saja tidak dianjurkan untuk dipakai sepanjang hari atau terlalu lama agar memberi kesempatan otot perut untuk menahan berat janin secara alami.

Stocking

Selain untuk menampilan, memakai stoking pada masa kehamilan dapat mencegah varises dengan cara menekan dan menahan pelebaran pembuluh darah di bagian kaki, sehingga aliran darah menjadi lancar. Stocking untuk ibu hamil memiliki beberapa jenis dengan tingkat kekuatan untuk menopang yang berbeda.

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: