Perhatikan Pemilihan Lokasi Untuk Menaruh Router

Internet adalah teknologi yang dibutuhkan oleh setiap lapisan masyarakat. Bahkan, jika di rumah tidak ada jaringan internet, duwh rasanya pasti sangat membosankan. Jaringan internet yang digunakanpun tidak sembarangan. Saat ini, menggunakan jaringan dengan sistem Wifi menjadi favorit, karena bisa digunakan oleh beberapa perangkat sekaligus. Untuk masalah routernya sendiri, kita tidak perlu repot mencari toko yang jual router Wifi, karena banyak provider internet yang meminjamkan router ini kepada pelanggannya selama masih dalam ikatan berlangganan.

wireless-router

wireless-router

Meskipun begitu, ternyata cukup banyak pelanggan yang justru memilih untuk menggunakan router sendiri. Alasannya, karena kualitas router yang dibeli sendiri biasanya lebih bagus dan bisa memperkuat jaringan atau koneksi internet. Yap, alasan ini mungkin masuk akal. Namun, tahukah kamu bahwa sebagus atau semahal apapun router yang digunakan, tidak menjamin koneksi yang diberikan bagus. Jangan buru-buru langsung ganti router jika router bermasala. Kita harus terlebih dahulu mencoba beberapa cara perbaiki sendiri router bermasalah karena bisa saja router bermasalah hanya disebabkan lokasi penempatannya kurang tepat sehingga menyebabkan koneksi yang dihasilkan kurang bagus.

Nah, kamu mungkin masih bingung, memang dimana sih lokasi terbaik untuk menaruh router? Apa saja yang harus diperhatikan? Dan berbagai hal lainnya. Jangan khawatir, karena sekarang kita akan membahasnya.

  • Ketinggian

Semakin tinggi posisi router maka akan menghasilkan sinyal yang lebih baik. Meskipun  begitu, bukan berarti kamu harus sampai meletakkannya di atap ya. Kamu hanya perlu menempatkan router ini di atas ketinggian yang sewajarnya saja.

  • Area sekitar

Pastikan router berada di area yang tidak terhalang oleh apapun. Memang, tidak mudah menentukan lokasi ini, karena biasanya kamu akan menggunakan koneksi internet ini di beberapa ruangan sekaligus. Misalnya, kamu menggunakan dari kamarmu, lalu saudaramu dari ruang TV, dan anggota keluarga lain di ruangan yang lain. Nah, untuk masalah ini, cobalah untuk merundingkan lokasi mana yang paling aktif membutuhkan koneksi internet, dan letakkan router pada tempat tersebut.

  • Penghalang

Letakkan router pada area yang cukup luas akan membuat jangkauannya lebih luas. Namun, jika tidak terdapat ruangan tersebut, maka kamu bisa meletakkannya pada area yang tidak memiliki penghalang beton. Sebab, jenis penghalang juga akan sangat mempengaruhi kekuatan pengiriman sinyal.  (Vita)

Tags: ,

Leave a Reply