Perbedaan Dasar Motor Matic dan Manual

Motor sudah menjadi kendaraan favorit masyarakat Indonesia. Apalagi setelah hadirnya motor matic beberapa tahun belakangan ini, membuat motor semakin banyak diminati oleh masyarakat. Motor matic ini sering dipilih oleh kaum wanita, yang umumnya menyukai berbagai hal yang mudah dan praktis. Bahkan, mulai banyak juga kaum pria yang memilih untuk menggunakan motor matic karena dirasa lebih praktis dan mudah digunakan. Apalagi, jika digunakan untuk menempuh perjalanan dalam kondisi macet. Namun, jika sering digunakan untuk menempuh medan perjalanan cukup berat (macet atau jarak jauh), sebaiknya perawatan motor matic lebih diperhatikan. Salah satunya yaitu dengan mengganti Oli Motor Matic secara berkala, sesuai dengan aturan yang tertera dalam buku petunjuk yang diberikan oleh dealer tempat kita membeli motor.

Motor matic memang sangat praktis dikendarai, karena hanya perlu mengendalikan gas untuk menjalankan motor dan rem untuk menghentikan laju motor, apalagi dalam kondisi macet. Motor ini juga memiliki pijakan kaki yang cukup luas, sehingga terasa lebih nyaman untuk dikendarai dalam jangka waktu panjang sekalipun. Selain itu, body motor matic juga memiliki berat yang lebih ringan bila dibandingkan dengan motor manual. Berbagai teknologi tambahan yang diberikan oleh para produsen motor membuat motor matic menjadi semakin aman dan nyaman untuk digunakan.

Meskipun memiliki berbagai kelebihan, motor matic juga memiliki beberapa kelemahan. Motor matic umumnya lebih boros bahan bakar jika dibandingkan dengan motor manual. Diameter roda yang dimiliki oleh motor matic pun cukup kecil, sehingga terasa kurang nyaman jika dikendarai dalam kondisi jalanan berlubang atau tidak rata. Selain itu, jika terjadi kerusakan pada mesin motor matic akan lebih sulit untuk diperbaiki dan biasanya akan membutuhkan biaya yang lebih besar dari perbaikan motor manual. Hal ini disebabkan karena karena mesin motor matic yang tertutup dan harga spare part yang memang lebih mahal dibandingkan spare part motor manual.

Baik motor matic maupun motor manual, tentulah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Karena itulah, meskipun banyak masyarakat yang mulai beralih ke motor matic, namun banyak juga yang tetap setia menggunakan motor manual. (Yv)

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: