Perawatan Rambut Sehat Dimulai dari Keramas

Perawatan rambut sehat berawal dari bagaimana kita  mencuci rambut atau keramas. Sayangnya, tidak semua orang yang sadar akan pentingnya keramas dengan benar. Cara keramas yang baik bisa membuat perubahan yang besar bagi rambut kita. Lalu bagaimanakah cara keramas yang benar itu?

Berikut ini beberapa tips sederhana dalam mencuci rambut yang bisa membuat rambut tetap sehat dan berkilau, di antaranya:

Frekuensi keramas

Beda jenis rambut beda frekuensi keramas yang harus dilakukan. Untuk jenis rambut berminyak, maka kita harus sering-sering mencuci rambut alias setiap hari. Bila rambut kita diwarnai atau dikeriting, dan perawatan dengan bahan kimia lainnya, maka rambut akan cenderung kering, sebaiknya jangan terlalu sering keramas.

Sementara ketika kita semakin tua, minyak pada kulit kepada juga semakin berkurang, jadi kita tidak perlu terlalu sering untuk

perawatan rambut

perawatan rambut

keramas. Tapi hati-hati tidak keramas terlalu lama bisa menyebabkan ketombe dan penyakit kulit kepala lainnya.

Fokus pada kulit kepala

Saat mencuci rambut, fokuslah pada membersihkan kulit kepala saja. Sementara bila rambut terlalu sering terkenan sampo justru akan membuat rambut kusam dan kering.

Gunakan kondisioner setipa kali habis keramas

Menggunakan kondisioner dapat membuat rambut rusak terlihat lebih berkilau, lebih lembut, dan mudah diatur. Selain itu, kondisioner juga bisa menguatkan rambut serta melindungi dari bahaya sinar UV. Saat ini sudah ada sampo 2-in-1 yang sekaligus mengandung kondisioner sehingga lebih praktis.

Gunakan kondisioner di ujung rambut

Kondisioner bisa menyebabkan rambu terlihat lepek bila digunakan di kulit kepala. Jadi sebaiknya gunakan kondisioner hanya di ujung-ujung rambut kita saja, bukan di kulit kepala atau seluruh rambut. Tidak suka kondisioner? Coba gunakan ekstrak minyak untuk rambut sehat. Ekstrak minyak lebih alami dan sehat.

Gunakan sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut

Sebaiknya gunakan sampo dan kondisioner sesuai dengan jenis rambut untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Misalnya saja gunakan sampo yang diformulasikan khusus untuk rambut berwarna bila rambut kita diwarnai. Bila rambut kita rusak atau menggunakan perawatan kimia seperti dikeriting atau smoothing, maka sebaiknya  gunakan sampo 2-in-1 yang sudah sekaligus mengandung kondisioner. Sementara untuk harga, sebenarnya banyak merek sampo dan kondisioner yang menawarkan manfaat yang sama meski harganya bisa berbeda jauh.

Lindungi rambut ketika berenang

Kaporit yang ada di air kolam renang bisa menghilangkan kelembaban rambut. Lindungi rambut kita dengan membasahi dan menggunakan kondisioner sebelum berenang. Gunakan swimming cap atau penutup rambut, dan gunakan sampo yang diformulasikan khusus untuk perenang dan kondisioner seteleh berenang untuk menggantikan kelembaban rambut yang hilang.

Semoga tips perawatan rambut sehat dengan cara keramas yang benar tadi bisa membantu rambut tetap sehat dan berkilau. (raw)

Tags: , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: