Perawatan Pintu Geser Mobil

Perawatan kendaraan tidak dapat dianggap remeh karena akan mempengaruhi kenerja mesin dan kenyamanan apalagi perawatan kendaraan Mobil yang menggunakan sliding door (pintu geser). Mobil dengan system sliding door memang sangat menarik dan lebih terkesan modern, selain itu juga menguntungkan bila mobil akan diparkir di lahan yang sempit. Namun hingga saat ini masih sedikit orang yang tertarik dengan mobil yang menggunakan pintu jenis ini karena terbayang akan menghadapi masalah pada pintu yang lama-lama akan menjadi seret, dan hal ini juga dikeluhkan oleh para pemilik mobil dengan sliding door.

Perawatan mobil dengan  pintu geser bisa dimulai dari mekanisme pergerakan pintunya. Perhatikan kondisi rel dan bantalan (bearing) pintu karena kedua peranti ini yang sering aus dan menjadi sumber macetnya pergeseran pintu.

sliding door

Perawatan sliding door

  1. Rel dan bantalan pintu olesi dengan pelumas secara rutin. Keringnya pelumas pada peranti ini biasanya ditandai dengan bunyi gesekan atau pergeseran pintu yang memberat.
  2. Bila melumasi dengan menggunakan gemuk (grease), perhatikan dosisi yang dipakai karena apabila terlalu banyak menggunakan gemuk (grease) akan mengakibatkan debu dan kotoran mudah menempel.
  3. Karet pintu yang sobek bisa membuat pintu geser tak nyaman. Kerusakan pada karet pintu ini biasanya oleh cuaca (panas/hujan) dalam waktu panjang.
  4. Jangan membuka pintu terlalu lama karena dapat membuat karet terbuka lebar sehingga debu rawan menempel pada mekanisme pintu geser
  5. Tidak perlu membanting saat menutup pintu geser karena pintu geser manual sudah dirancang agar mudah menutup setelah handle diterik.

Semoga bermanfaat. (Mew)

Tags: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: