Penyebab Tulang Ekor Sakit dan Cara Mengatasinya

Mungkin diantara kamu pernah merasakan sakit pada tulang ekor, dimana tulang ekor yang sakit akan dirasakan pada bagian paling bawah tulang belakang, lebih tepatnya di atas bokong. Dalam dunia medis rasa sakit pada tulang ekor ini dikenal dengan istilah penyakit coccydynia. Penyakit coccydynia ini dibagi menjadi 2 kategori, ada kategori ringan dan kategori berat. Penyakit tulang ekor ini disebabkan oleh berbagai faktor. Nah, untuk itulah dalam artikel kali ini akan memberikan informasi tentang penyebab tulang ekor sakit, sebagai berikut :

  1. Cedera Pada Tulang Ekor

Tulang ekor bisa mengalami cedera saat melakukan olahraga, seperti tertendang pada saat main sepak bola, dan

tulang ekor

tulang ekor

jatuh terduduk pun bisa menyebabkan cedera pada tulang ekor. Pada umumnya, cedera pada tulang ekor hanya akan berupa memar, dan kondisi yang lebih parahnya adalah tulang ekor dapat mengalami dislokasi atau bahkan bisa patah.

  1. Persalinan

Penyebab ini khusus bagi perempuan pada saat melahirkan, karena pada akhir usia kehamilan tulang ekor menjadi lebih lentur guna memberi jalan keluarnya bayi saat akan melahirkan. Dan dalam kasus tertentu, proses persalinan bisa membuat otot dan ligamen di sekitar tulang ekor terlalu meregang yang akhirnya bisa menimbulkan rasa nyeri pada area ini.

Nah itulah 2 penyebab terjadinya sakit pada tulang ekor yang harus kalian ketahui. Di samping itu, berikut dibawah ini juga ada beberapa cara alami yang ampuh untuk menyembuhkan tulang ekor sakit :

  1. Kompres Dengan Air Panas

Cara alami pertama yang ampuh untuk menyembuhkan tulang ekor sakit, yakni kompres dengan air panas. Masukan air panas kedalam botol kaca, kemudian gulirkan pada bagian tulang ekornya kurang lebih selama 15 – 20 menitan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi, lakukan cara tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari.

  1. Kompres Dengan Es batu

Sama halnya dengan metode yang diatas tadi, cara mengompres dengan es batu juga terbukti cukup ampuh dalam menyembuhkan tulang ekor sakit. Begitu juga dengan cara pengobatannya, yang sama dengan metode diatas tadi.

  1. Menggunakan Minyak Kastor

Siapkan minyak kastor sebanyak 1 sendok makan, kemudian panaskan diatas api kompor. Setelah panas, segera oleskan pada area punggung yang terasa sakit, lalu balut dengan kain basah dan biarkan hingga semalaman.

 

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: