Penyebab Terjadinya Kecelakaan Kerja Akibat Alat Berat

Alat Berat sering digunakan untuk membantu proses pengerjaan berbagai macam proyek. Misalnya saja pada pembangunan gedung, atau pembukaan lahan baru untuk pertambangan. Alat berat ini memberikan banyak manfaat untuk mempercepat proses kerja, namun terkadang terjadi kecelakaan kerja akibat alat berat ini. Kelalaian merupakan salah satu faktor terbesar terjadinya kecelakaan kerja akibat alat ini. Beberapa kelalaian yang sering dilakukan yaitu:

  • Mengabaikan informasi penting mengenai alat berat

Perusahaan Jual Alat Berat umumnya telah memberikan informasi mengenai spesifikasi Alat Berat yang dijualnya, serta berbagai

kecelakaan kerja

kecelakaan kerja

informasi penting lainnya. Namun, masih banyak juga perusahaan yang menggunakan alat berat dalam proses kerjanya justru mengabaikan informasi penting ini. Hal ini terkadang terjadi pada perusahaan yang sudah sering menggunakan alat berat jenis tertentu sebagai alat kerja kesehariannya. Ketika perusahaan tersebut menambah jumlah alat berat dengan membeli yang baru, perusahaan tersebut merasa bahwa alat berat tersebut sama dengan yang sudah dimilikinya dan mengabaikan berbagai informasi penting yang diberikan oleh perusahaan yang menjual alat berat tersebut. Padahal, informasi ini sangatlah penting untuk menghindari terjadinya kecelakaan kerja. Meskipun jenis alat berat yang baru dibeli sama, namun akan lebih baik jika memeriksa ulang berbagai informasi penting tersebut agar alat berat dapat berfungsi dengan baik dan aman.

  • Mengabaikan keselamatan kerja

Mengoperasikan alat berat secara tidak hati-hati dan tidak mengikuti aturan juga menjadi faktor penyebab terjadinya kecelakaan kerja. Misalnya saja dalam pengoperasian excavator, tentunya akan sedikit berbeda antara mengendalikan excavator diatas medan tanah yang keras dan stabil, dengan mengendalikan excavator diatas medan yang tidak stabil. Mengendalikan alat berat disaat konsentrasi sedang terganggu (akibat sakit atau faktor lain) juga sangat berpotensi mengakibatkan kecelakaan kerja.

Selain faktor kelalaian, kerusakan pada alat kerja juga menjadi salah satu faktor terjadinya kecelakaan kerja. Karena itulah, lakukan perawatan alat berat secara rutin untuk mencegah terjadinya masalah pada alat berat ketika sedang digunakan. Selain itu, lakukan pemeriksaan terlebih dahulu pada alat berat sebelum digunakan untuk memastikan alat berat dapat bekerja dengan baik dan aman digunakan. (Yv)

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: