Penyebab Sulit Hamil yang Seringkali Tak Disadari

Hampir setiap pasangan ingin memiliki anak untuk melengkapi kebahagiaan dalam rumah tangga. Beberapa pasangan ada yang segera mendapatkan kehamilan hanya dalam beberapa pekan usia pernikahan. Namun, ada juga pasangan suami istri yang tidak kunjung memiliki anak meskipun usaha pernikahan mereka telah cukup lama. Seringkali, mereka tidak menyadari apa yang menjadi penyebab susah hamil yang mereka alami.

Penyebab Sulit HamilBerikut ini adalah beberapa penyebab sulit hamil yang seringkali tidak disadari oleh pasangan suami istri:

  1. Menunda kehamilan terlalu lama

Meskipun saat ini anda memiliki serangkaian rencana yang akan sulit dilakukan jika memiliki anak dalam waktu cepat, ada baiknya anda tidak menunda kehamilan dalam jangka waktu yang lama. Kualitas sel telur seorang wanita akan mengalami penurunan pada usia 30 tahun dibandingkan dengan sel telur seorang wanita pada usia 20 tahunan. Karena itu, meskipun anda dan pasangan berencana menunda kehamilan, ada baiknya anda tidak menundanya dalam waktu yang terlalu lama.

  1. Gaya hidup tidak sehat

Gaya hidup adalah salah satu penyebab sulit hamil yang tidak banyak disadari oleh orang-orang. Gaya hidup yang tidak sehat perlahan lahan akan mempengaruhi kesuburan anda dan membuat program kehamilan anda menjadi terganggu. Bukan hanya bagi wanita saja, kebiasaan merokok atau mengkonsumsi minuman beralkohol pada laki-laki dapat menjadi penyebab sulit hamil yang seringkali tidak disadari. Jika anda dan pasangan memiliki gaya hidup seperti itu, ada baiknya anda mulai mengurangi atau meninggalkan sama sekali agar program kehamilan anda dapat berjalan lebih lancar.

  1. Aktivitas yang menguras tenaga

Bekerja sejak pagi hingga malam mungkin adalah hal yang wajar pada saat ini. Tapi ternyata, kebiasaan ini dapat menjadi salah satu penyebab sulit hamil yang seringkali dialami oleh pasangan workaholic. Sama halnya dengan melakukan olah raga. Meskipun olah raga adalah cara yang baik untuk menjaga kebugaran tubuh, namun anda juga perlu memperhatikan agar tidak terlalu memforsir diri anda melebihi batas kemampuan fisik anda.

Itulah beberapa penyebab sulit hamil yang umum dialami oleh masyarakat modern namun seringkali tidak disadari oleh banyak orang.

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: