Penyakit Jantung Penyebab Kematian No.1 di Indonesia

Risiko penyakit jantung di Indonesia tidak pernah berkurang, malah terus bertambah setiap tahunnya. Ini menyebabkan penyakit jantung atau kardiovaskuler adalah penyebab kematian nomor satu di Indonesia. Penyakit tidak menular ini lebih sering terjadi kepada kaum laki-laki dan kelompok umur 45-54, 55-64 dan 65-74 tahun. Namun banyak juga yang mengalami penyakit ini diluar dari golongan yang tadi sudah disebutkan. Gunakan asuransi jiwa atau asuransi jiwa syariah untuk menjaga Anda dari kerugian finansial akibat penyakit jantung atau

sakit jantung

sakit jantung

kardiovaskuler.

Penyakit kardiovaskuler adalah golongan berbagai penyakit yang berkaitan dengan gangguan fungsi jantung dan pembuluh darah seperti gagal jantung, hipertensi, dan penyakit jantung koroner. Gaya hidup serba praktis adalah salah satu alasan mengapa penyakit jantung atau kardioaskuler sering terjadi di Indonesia. Dalam keseharian masyarakat ibukota yang serba cepat dan tepat membuat masyarakatnya menginginkan semua kebutuhannya terpenuhi dengan cepat, dari makanan cepat saji sampai kemudahan mobilitas (memilih menggunakan kendaraan daripada berjalan kaki atau bersepeda). Meskipun memang sangat membantu untuk menghemat waktu dan tenaga, akibat dari kebiasaan ini bisa membuat siapa saja menjadi mudah terkena risiko penyakit jantung.

Ada beberapa yang bisa Anda lakukan dari sekarang untuk mencegah risiko penyakit jantung atau kardiovaskuler, sebagai berikut:

  • Diet

Biasakan untuk makan makanan sehat. Kurangin makanan yang berminyak atau makanan cepat saji. Bawa bekal dari rumah (makanan rumahan) untuk makan siang Anda selama bekerja. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membuat makanan sendiri, maka gunakan jasa katering makanan sehat untuk memenuhi nutrisi Anda. Hindari juga jajan makanan kecil terlalu banyak, diabetes atau obesitas juga bisa menjadi pemicu penyakit jantung.

  • Olahraga

Jika jarak kantor Anda dengan rumah Anda bisa ditempuh dengan berjalan kaki atau sepeda makan kedua pilihan tersebut bisa menjadi penyelamat Anda untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Bekerja dan sekolah membuat kita menjadi sering duduk didepan meja kerja dan sedikit bergerak. Hal-hal kecil seperti berjalan kaki dan bersepeda bisa menjadi pilihan alternative. Jika Anda memiliki waktu lebih, gunakan waktu tersebut untuk ikut kelas-kelas kebugaran. Olahraga sangat membantu Anda melatih jantung Anda menjadi jantung yang kuat.

  • Rokok

Mulailah mengurangi konsumsi rokok Anda jika Anda adalah seorang perokok. Rokok secara jelas sangat merugikan untuk kesehatan tubuh Anda. Tidak hanya memicu penyakit jantung, namun juga paru-paru, lambung, dan banyak lagi. Dengan tekad yang kuat Anda pasti bisa berhenti kebiasaan rokok tersebut.

Umur adalah sesuatu yang tidak bisa diprediksikan. Ada baiknya jika Anda memulai investasi kesehatan Anda dari sekarang untuk mengurangi kemungkinan kematian di umur muda. Ingat, kehilangan orang yang disayang adalah sesuatu yang menyakitkan, jaga baik-baik kesehatan Anda demi kebaikan diri Anda sendiri dan juga orang-orang yang Anda sayangi!

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: