Pentingnya Sinopsi dan Trailer Sebagai Media Promosi Film

Hidup adalah perjuangan untuk menghadapi berbagai tantangan yang ada. Bagi seorang produser salah satu tantangan terbesar adalah bagaimana mereka harus memproduksi sebuah film yang akan sukses di pasaran. Tentu saja sukses disini tidak hanya diukur dari jumlah penonton di dioskop saja, tetapi juga dilihat dari kepuasan penonton setelah menyaksikan film tersebut. Masalah ini tidak hanya dihadapi oleh produser yang baru terjun dibidang ini saja, tetapi juga dihadapi oleh produser yang telah memiliki nama besar seperti Manoj Punjabi.

Berusaha untuk memproduksi film dengan sebaik-baiknya sangatlah penting, untuk dapat menarik minat pecinta film Indonesia agar tertarik untuk menyaksikan film tersebut di Bioskop. Apalagi, mengingat pembajakan di Indonesia saat ini sudah sedemikian parahnya. Jika pecinta film tertarik menyaksikan film yang diproduksi namun memilih untuk menunggu bajakannya keluar (tidak mau mengeluarkan uang untuk menonton di bioskop), bisa dikatakan film tersebut telah mengalami kegagalan. Karena, tidak berhasil memancing keinginan masyarakat untuk segera menyaksikan film tersebut.

Memastikan bahwa film yang diproduksinya mampu untuk menarik minat masyarakat agar segera menyaksikannya di bioskop, tidak lepas dari segala bentuk promosi, penulisan sinopsis serta pemilihan adegan yang digunakan untuk trailer. Sebagian masyarakat, biasanya akan membaca sinopsis cerita dan kemudian menonton trailernya sebelum memutuskan untuk menyaksikan sebuah film di bioskop. Karena itulah, buatlah sinopsis cerita yang semenarik mungkin, serta buatlah trailer dengan potongan adegan yang dapat bangkitkan rasa penasaran masyarakat.

Terkadang, beberapa sinopsis dibuat sangat panjang dan hampir berupa rangkuman dari isi film, sehingga masyarakat merasa tidak perlu menonton filmnya untuk mengetahui cerita film tersebut. Bahkan yang terparah, ada beberapa film yang memberikan informasi mengenai akhir cerita film tersebut di sinopsisnya. Ini adalah cara yang sangat salah, karena rasa penasaran dan ingin tahulah yang terkadang membuat seseorang akhirnya tertarik menyaksikan film tersebut.

Selain menentukan kalimat yang tepat untuk membuat sinopsis, memilih adegan yang akan ditampilkan dalam trailer juga sangatlah penting. Tunjukkan potongan adegan yang dapat membuat seseorang merasa penasaran untuk menyaksikan kisah lengkapnya secepatnya. Film akan dikatakan sangat berhasil, jika seseorang membaca sinopsisnya serta menonton trailernya dan kemudian merasa tidak sabar untuk menyaksikan film tersebut padahal film tersebut belum tayang

Leave a Reply

%d bloggers like this: