Pentingnya Memperhatikan Kualitas Pelayanan

Ada beberapa hal yang dipertimbangkan oleh seseorang ketika mereka menyatakan sebuah Hotel menjadi Best Hotel in Indonesia, antara lain yaitu kualitas pelayanan, fasilitas, lokasi dan pemandangan. Namun diantara semua itu, hal yang termasuk paling penting dan harus diperhatikan yaitu kualitas pelayanan. Jika sebuah hotel memiliki fasilitas yang sangat lengkap namun kualitas pelayanannya rendah, misalkan saja karyawan melayani tamu dengan tidak ramah, maka tamu akan merasa kecewa dan merasa tidak dihargai, sehingga semua fasilitas yang disediakan oleh hotel tersebut tidak akan berpengaruh banyak untuk membuat tamu tersebut mau datang ke hotel tersebut lagi.

Kualitas pelayanan sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap kepuasan tamu, sehingga tidak menutup kemungkinan tamu tersebut akan datang lagi dan bahkan mungkin mempromosikan hotel tersebut ke saudara atau kerabat terdekatnya. Berikut ini

layanan hotel

layanan hotel

beberapa kualitas pelayanan yang harus diperhatikan untuk dapat memperoleh kepuasan tamu:

  • Kecepatan

Karyawan harus mampu untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan cepat. Contohnya seperti bagian resepsionis yang bekerja dengan ramah dan cepat untuk mengurus masalah tamu yang akan check-in maupun check-out, sehingga tamu tidak akan merasa waktunya banyak terbuang hanya untuk mengurus masalah tersebut.

  • Ketepatan

Tidak hanya kecepatan pekerjaan yang dibutuhkan, tapi ketepatan pekerjaan juga harus diperhatikan, baik ketepatan hasil pekerjaan maupun ketepatan waktu yang di janjikan. Jika sering terjadi kesalahan pada pekerjaan yang dilakukan maka tamu akan menganggap karyawan tersebut tidak profesional dan berdampak pada hotel tersebut. Misalkan saja sering terjadi kesalahan pengiriman pesanan, atau tamu harus menunggu lama untuk mendapatkan pesanannya yang dijanjikan akan segera diantar.

  • Keramahan

Hal ini adalah salah satu hal mendasar dan sangat berpengaruh bagi sebuah kualitas jasa. Karyawan harus melayani tamu dengan tulus dan ramah, sehingga tamu akan merasa dihargai. Terkadang tamu bahkan memilih hotel dengan fasilitas biasa namun memiliki pelayanan yang ramah dibandingkan dengan hotel dengan berbagai fasilitas lengkap namun pelayanan yang di berikan tidak ramah sehingga membuat tamu tidak betah dan tidak tertarik untuk datang ke hotel tersebut lagi.

  • Kenyamanan

Karyawan yang mampu membuat tamu merasa nyaman akan membuat tamu tersebut merasa puas dan berdampak baik pada hotel tersebut. Tanggung jawab karyawan dalam menyelesaikan setiap pekerjaannya (Seperti masalah kebersihan) serta respon karyawan terhadap suatu masalah (ketika terjadi complain dari tamu) akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan tamu.

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: