Penderita Alergi Bulu, Bolehkah Memelihara Hewan?

Alergi merupakan suatu hal yang umum dimiliki oleh setiap orang. Dampak dari alergi cukup beragam, ada yang hanya berdampak minor seperti gatal atau bersin, tetapi ada juga yang bisa sangat parah hingga mengancam nyawa. Untuk dampak tersebut, tentulah Anda harus segera memanfaatkan Asuransi Kesehatan yang Bagus milik Anda untuk berobat ke dokter.

Selain dampaknya yang beragam, penyebab terjadinya alergi atau alergen juga cukup beragam. Salah satu yang

bulu hewan

bulu hewan

paling sering terjadi yaitu alergi terhadap bulu. Akibatnya, Anda tidak akan bisa memelihara hewan jenis apapun yang memiliki bulu.

Namun, benarkah demikian?

Menurut situs klikdokter, ternyata pengertian alergi bulu yang selama ini beredar di masyarakat tidak sepenuhnya tepat. Sebab, seseorang sebenarnya bukan alergi terhadap bulu dari hewan, melainkan protein yang ada pada kulit, air liur, dan kotoran dari suatu hewan tertentu. JadiĀ  bukan karena bulu atau rambutnya, tetapi protein tersebutlah yang akan menyebabkan terjadinya alergi saat mengalami kontak dengan manusia.

Artinya, jika hewan kucing adalah alergen bagi Anda, bukan berarti hewan berbulu lainnya juga akan menjadi alergen. Anda bisa coba untuk memelihara hewan berbulu lainnya, seperti Anjing (jika boleh) atau kelinci. Atau, Anda juga bisa memelihara hewan lain tanpa bulu yang jelas lebih aman, seperti ikan, kura-kura, atau burung.

Memelihara hewan yang sudah jelas bersifat alergen untuk Anda sangat tidak disarankan. Meskipun Anda sudah memasang filter udara atau alat apapun yang dikatakan mampu mengurangi reaksi alergi. Sebab, alat-alat tersebut mungkin bisa meminimalis risiko terjadinya alergi, tetapi tidak bisa menjamin keberhasilannya 100%. Apalagi, jika reaksi dari aleregi ini cenderung berbahaya, seperti sesak napas, atau reaksi berbahaya lainnya.

Saat Anda berusaha mencari alternatif hewan lain untuk dipelihara sekalipun, ada baiknya jika Anda tetap memerhatikan kondisi tubuh Anda. Khususnya jika hewan yang dipelihara adalah hewan berbulu dan ini adalah pertama kalinya Anda mengalami kontak dengan hewan tersebut. Sebab mungkin saja, Anda alergi tidak hanya pada satu jenis hewan saja. Jika Anda mulai merasakan adanya hal yang tidak beres, segera jauhi hewan tersebut dan periksakan diri Anda ke dokter. (Vita)

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: