Pelajaran Bisnis dari Film Merry Riana

Nama Merry Riana di Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi. Lewat bukunya yang juga di angkat ke layar lebar, ia berhasil menginspirasi banyak orang untuk tidak menyerah menggapai mimpinya. Film Merry Riana dengan judul Mimpi Satu Juta Dolar ini tidak hanya menginspirasi mengenai impian dan kehidupan, namun juga tentang berbisnis dan berinvestasi.

Film Mimpi Satu Juta Dolar menceritakan tentang kehidupan Merry saat merantau di Singapura. Saat bersekolah di negeri berlambang singa ini, Merry harus bekerja keras, mencoba berbagai pekerjaan dan bisnis demi melunasi pinjaman dari pemerintahan Singapura sekaligus mencapai impiannya untuk bisa memiliki penghasilan sebesar satu juta dolar sebelum berusia 30 tahun. Dari cerita perjuangan Merry Riana ini pun, kita bisa belajar beberapa hal terkait dengan bagaimana membangun bisnis atau berinvestasi dengan benar, di

film merry riana

film merry riana

antaranya:

Tidak terburu-buru  saat berinvestasi

Saat berusaha melunasi pinjaman pendidikannya, Merry mencoba berbagai jenis investasi, mulai dari MLM hingga bermain saham. Sayangnya tidak semuanya berjalan mulus, ia bahkan rugi besar saat nilai saham investasinya anjlok. Karena itulah, sangat penting bagi kita untuk tidak terburu-buru dalam berinvestasi sehingga terhindar dari kerugian besar yang mungkin terjadi.

Ada beberapa hal penting yang harus kita pertimbangkan, misalnya saja instrumen investasi apa yang cocok dengan profil resiko investasi kita. Investasi dibidang properti merupakan pilihan Merry Riana dan Suami, untuk menjamin finansial dimasa tuanya.

Jangan mudah tergiur dengan iming-iming untung besar

Siapa yang tidak akan tergiur bila ditawarkan dengan bisnis beruntung besar? Begitu juga dengan Merry Riana. Ia sempat terlena dengan iming-iming keuntungan besar dari bisnis MLM, yang akhirnya justru membuatnya kehilangan uang sebesar 200 dolar Singapura. Dari sini kita bisa belajar bahwa iming-iming keuntungan besar tidaklah selalu benar, karena dari itu, ada baiknya untuk selalu lebih dulu melakukan riset dan mempelajari bisnis yang ingin kita ambil terlebih dulu. Bila perlu bahkan kita harus melakukan konsultasi bisnis terlebih dahulu.

Berbisnis dengan jujur

Dalam film Merry  Riana, diperlihatkan saat ia mulai berbisnis investasi dan asuransi ia dengan cermat menghitung kebutuhan para calon kliennya. Kemudian ia menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhannya. Meskipun sebenarnya Merry bisa saja menawarkan produk yang lebih besar sehingga mendapatkan komisi yang lebih tinggi. Namun ia memilih untuk jujur dengan kliennya. Keputusannya tidak sia-sia, bisnis asuransinya berjalan sukses. Kejujuran merupakan faktor penting dalam berbisnis. Dengan kejujuran, pelanggan kita pun akan merasa senang dan kembali lagi untuk berbisnis dengan kita.

Pantang menyerah

Meski sudah mengalami banyak kegagalan dan kerugian dalam berbisnis, namun Merry tetap berjuang dan tidak mudah menyerah. Hasilnya, ia berhasil meraih impiannya untuk memilki pendapatan sebesar 1 juta dolar di usianya yang baru 26 tahun.

Film Merry Riana memang memberikan banyak inspirasi bagi penontonnya. Semoga film ini juga menginspirasi Anda. (raw)

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: