Patung Budha Empat Wajah di Surabaya

Kota Surabaya terkenal dengan berbagai sejarah yang pernah terjadi di kota ini. Seperti peristiwa perobekan bendara Belanda yang terjadi disalah satu Hotel Keluarga di Surabaya, dan berbagai sejarah lainnya. Itulah sebabnya, bagi seseorang yang senang dengan wisata sejarah, pasti akan sangat sayang jika tidak pernah datang ke kota ini.

Akan tetapi, bukan berarti kota ini tidak memiliki tempat wisata lain selain sejarah ya. Jika kamu lebih berminat dengan wisata religi, kota ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Alasannya? Karena kamu bisa melihat patung Budha empat wajah, seperti yang bisa kamu temui di negara tetangga, yaitu Thailand. Patung ini berlokasi tidak

Patung Budha Empat Wajah

                        Patung Budha Empat Wajah

jauh dari Pantai Ria Kenjeran, jadi setelah kamu puas berwisata di sini dan mengabadikannya dalam sebuah foto, kamu bisa bermain air atau hanya sekadar menikmati indahnya pantai.

Patung ini dibangun sejak tahun 2003, dan baru diresmikan setahun sesudahnya, yaitu tahun 2004. Kompleks patung ini dibangun di atas lahan dengan luas sekitar 1,5 hektar. Untuk bangunannya sendiri, luasnya sekitar 9×9 meter. Tidak hanya luas bangunannya, beberapa bagian dari patung ini dan sekitarnyapun mengandung angka 9. Misalnya seperti tinggi patung. Angka ini dipilih, karena merupakan sebuah angka tunggal yang tertinggi dan merupakan lambang kesempurnaan.

Patung ini tidak hanya sekadar memiliki 4 wajah saja, tetapi juga memiliki 8 tangan dan memegang benda yang berbeda setiap tangannya. Ada yang terlihat memegang tasbih, cawan berisi air suci, tongkat kebesaran, cakram, kitab suci, kerang, dan teratai. Sementara, satu tangan lainnya terlihat memegang dada. Selain itu, 4 wajah pada patung ini tidak dibuat secara sembarangan, karena juga memiliki suatu arti, yaitu melambangkan murah hati, pengasih, adil dan meditasi. Agak sedikit berbeda dengan makna patung Budha yang ada di Thailand, yang melambangkan wajah perdamaian dan kesehatan, wajah hubungan baik, wajah keberuntungan dan juga wajah perlindungan dari kejahatan.

Suasana di sekitar patung ini begitu asri dan tenang. Sehingga sangat cocok sekali untuk kamu yang senang dengan suasana seperti ini. Banyaknya pepohonan yang cukup rindang di sekitarnya membuat suasana terasa semakin nyaman. Tidak jauh dari patung tersebut, terdapat sebuah tempat khusus untuk umat Budha beribadah di sana. Yap, tempat ini memang sampai sekarang masih aktif digunakan sebagai tempat ibadah. Sebab itulah, jika kamu berkunjung ke tempat ini, jaga sikapmu dan jangan sampai menyinggung umat Budha yang ada di sana ya.

Tags: , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: