Pantangan Bagi Ibu Hamil

Hampir setiap wanita pasti ingin menjadi seorang ibu. Ketika mendapatkan kabar gembira ini, seorang wanita umumnya akan merasa menjadi wanita yang paling bahagia di dunia. Mereka akan berusaha untuk menjaga tubuh mereka agar sehat dan kuat selama mengandung, agar anak yang berada dalam kandungan dapat tumbuh dengan sehat dan dapat lahir tepat pada waktunya secara normal. Mereka akan mencari berbagai informasi bermanfaat melalui Forum Ibu Hamil. Forum ini membahas berbagai hal yang bermanfaat untuk kehamilan serta berbagai hal yang sebaiknya dihindari pada masa kehamilan, khususnya mengenai makanan yang boleh dan tidak

pantangan ibu hamil

pantangan ibu hamil

boleh dikonsumsi selama masa kehamilan.

Tentunya ada banyak sekali hal yang menjadi pantangan makanan bagi ibu yang sedang hamil. Beberapa pantangan, bahkan dapat membahayakan kesehatan ibu atau anak dalam kandungan jika tetap dikonsumsi. Berikut ini adalah beberapa pantangan makanan yang harus dihindari oleh wanita yang sedang hamil:

  • Makanan matang atau setengah matang

Makanan dalam kondisi mentah atau dimasak dalam kondisi setengah matang masih mengandung bakteri atau virus yang belum mati. Bakteri atau virus ini dapat mengganggu kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Meski begitu, ada beberapa makanan mentah yang bisa dimakan oleh ibu hamil, namun dengan kondisi tertentu.

  • Seafood yang mengandung merkuri

Beberapa seafood yang mengandung omega 3 cukup tinggi sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, seafood yang mengandung merkuri wajib untuk dihindari. Karena, kandungan merkuri didalamnya dapat merusak otak bayi.

  • Makanan atau minuman dengan kadar gula tinggi

Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kadar gula tinggi dapat berpengaruh pada kondisi bayi dalam kandungan. Kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan bayi mengalami obesitas, atau terjadinya komplikasi pada kandungan.

  • Merokok dan minuman beralkohol

Segala jenis minuman yang mengandung alkohol wajib untuk dihindari selama masa kehamilan, karena dapat menjadi racun bagi bayi. Efek negatif yang dapat dialami oleh bayi yaitu terjadinya Fetal Alcohol Syndrome dan berbagai gangguan mental lainnya. Sementara, seorang ibu yang merokok pada masa kehamilan berpotensi mengalami keguguran atau bayi lahir prematur. Bagi bayi sendiri, dapat berpotensi adanya masalah pada paru-parunya. (Yv)

 

 

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: