Optimalkan Fungsi Kekebalan Tubuh dengan Cara Alami Ini

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh sebenarnya tidaklah sulit, mengingat sekarang sudah tersedia obat herbal daya tahan tubuh yang bisa dikonsumsi setiap harinya. Akan tetapi, tidak hanya dari obat herbal, menjaga kesehatan daya tahan tubuh ini juga bisa didapatkan dengan cara menerapkan gaya hidup sehat. Mulai dari; rajin berolahraga, konsumsi makanan sehat, tidur tidak kurang dari delapan jam sehari, dan sebagainya.

Selain itu, kesehatan tubuh pun bisa dioptimalkan dengan melakukan beberapa cara alami ini, diantaranya adalah salad exosebagai berikut:

  1. Perbanyak konsumsi sayur dan buah. Sudah menjadi hal umum, jika mengonsumsi sayur dan buah sangat disarankan untuk Anda. Hal ini tidak terlepas dari kandungan gizi seperti vitamin C, vitamin A, zinc, mineral, protein, zat besi yang tersimpan di dalamnya dan berperan penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk itu, perbanyaklah untuk mengonsumsinya, apabila biasanya Anda hanya memakannya ketika lagi pengen saja namun mulai dari sekarang makanlah setiap hari.
  2. Cukupi waktu istirahat dan jam tidur. Apakah Anda sering tidur hingga larut malam dan sangat jarang beristirahat? Maka, cobalah untuk mengurangi aktivitas seperti ini. Selain dapat mengganggu aktivitas keesokan harinya, kekurangan jam tidur bisa mengakibatkan fungsi kekebalan tubuh menjadi semakin menurun. Oleh sebab itu, cukupilah waktu jam tidur ini dan jika memiliki waktu luang manfaatkanlah untuk beristirahat.
  3. Hentikan merokok. Anda perokok aktif? Jika ya, ada baiknya hentikanlah aktivitas merokok tersebut. Sebab, kandungan nikotin yang terdapat di dalam rokok ini tidak bagus untuk kesehatan serta dapat menurunkan daya tahan tubuh. So, mulailah untuk hentikan kegiatan merokok ini ya jika Anda ingin sehat.
  4. Hindari stress berlebih. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sebaiknya hindarilah stress berlebih. Hal ini karena ketika Anda stress, maka akan menaikkan produksi hormon kortisol. Jika ini terus dibiarkan, bisa menekan kekuatan daya tahan tubuh.

Tidak hanya beberapa hal di atas, daya tahan tubuh pun bisa dijaga dengan rutin mengonsumsi bawang putih, penuhi asupan paparan sinar matahari pagi hari karena kaya akan kandungan vitamin D, dan sebagainya. –SH–

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: