Nyeri Sendi Akibat Pengapuran Sendi

Rasa nyeri sendi dapat disebabkan beberapa faktor, salah satunya adalah pengapuran sendi yang seringkali menimpa pada orang-orang yang berusia rata-rata di atas 45 tahun.

Pengapuran sendi atau disebut juga osteoartritis adalah suatu penyakit di mana tulang rawan sendi menipis. Tulang rawan sendi memiliki manfaat berfungsi melapisi ujung tulang pembentuk sendi, sehingga sendi dapat bergerak bebas tanpa rasa nyeri.  Osteoartritis dapat menyerang sendi tangan, kaki, tulang belakang dan sendi penumpu berat badan seperti panggul dan lutut.

Osteoartritis ada 2 jenis, yaitu Osteoartritis primer dan sekunder. Untuk Osteoartritis primer adalah pengapuran sendi yang

nyeri sendi

pengapuran sendi

tidak diketahui penyebabnya seperti pertambahan usia, kelemahan otot paha dan sebagainya, sedangkan Osteoartritis sekunder adalah pengapuran sendi karena trauma seperti patah tulang.

Gejala pengapuran sendi (Osteoartritis)  stadium dini biasanya berupa nyeri dan  kekakuan sendi setelah lama tidak bergerak, seperti setelah bangun tidur  atau setelah duduk dalam waktu lama. Sendi lutut juga terasa sakit jika digunakan untuk berjalan, naik-turun tangga, atau berjongkok.

Pada stadium lanjut, selain rasa nyeri sendi/sakit yang semakin hebat, sendi  lutut menjadi bengkok seperti huruf O atau huruf X.(Mew)

Tips Indoensia

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: