Nyaman dan Aman Menggunakan “Earphone”

Musik tidak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia, beragam jenis musik yang ada memilki pengggemarnya masing-masing. Musik menjadi sarana untuk mengusir rasa bosan, atau bahkan menjadi sumber inspirasi seseorang. Dekatnya musik membuat kita tidak pernah lepas dari mendengarkan musik, wajib bagi penggemar musik untuk dapat menikmati musik setiap saat dengan earphone terbaik agar semakin berkualitas.

Akan tetapi, meski mampu memberi kenyamanan dan kemudahan, volume suara yang terlalu keras saat menggunakan earphone bisa memicu gangguan telinga. Pasalnya, suara yang masuk  ke telinga akan diteruskan sel-sel rambut yang terletak di rumah siput.

earphone

earphone

Volume musik yang terlalu keras dapat membuat sel-sel rambut kelelahan. Jika dibiarkan terus akan rusak dan menurunkan fungsi pendengaran. Mungkin awalnya kerusakan merupakan kerusakan sementara tapi tidak menutup kemungkinan menjadi kerusakan permanen.

Untuk itu, upayakan agar tidak terlalu sering menggunakan earphone, dan memakakinya dengan volume suara tidak terlalu keras dan sebaiknya di suasana yang sepi karena jika dalam suasana yang ramai, seseorang cenderung akan menambah volume yang pastinya berpotensi mengganggu indra pendengaran.

Selain itu usahakan istirahatkan telinga selama beberapa menit setiap 1 jam memakai earphone. Perlu diperhatikan adalah tidak memasang earphone terlalu rapat untuk memperkecil dampak kerusakan pada telinga. (mew)

Tips Indonesia

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: