Meskipun Lezat, 5 Makanan Ini Bisa Picu Kolesterol

Anda pecinta kuliner? Biasanya makanan apa sih yang paling kamu suka? Gorengan, pizza, es krim atau yang lainnya? Yup, makanan-makanan tersebut memang terkenal lezat, namun jangan sampai berlebihan mengonsumsinya ya. Jika dikonsumsi terlalu banyak, beberapa makanan tersebut bisa menyebabkan kolesterol tinggi. Jika sudah terlalu tinggi, menurunkan kolesterol bukanlah perkara mudah. Bahkan meskipun Anda sudah

makanan kolesterol

makanan kolesterol

mengonsumsi minuman yang bisa bantu turunkan kolesterol. Jadi waspadalah ketika Anda seringkali menyantap beberapa daftar makanan di bawah ini.

  1. Kuning Telur

Suka sarapan dengan telur goreng atau dadar? Ya, telur memang merupakan menu yang pas untuk sarapan. Kandungan lemak dan protein dalam telur yang cukup tinggi memang baik dijadikan sebagai sumber energi. Namun, dikutip dari cnnindonesia.com, kuning telur mengandung kolesterol yang cukup tinggi, yaitu sebesar 186 mg. Jadi, bagi Anda yang suka mengonsumsi telur, sebaiknya dibatasi ya jangan sampai terlalu banyak.

  1. Ayam Goreng

Selain telur, hewan yang memproduksi telur ini juga mengandung lemak kolesterol yang cenderung tinggi. Meskipun daging ayam memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih rendah dibandingkan daging merah, jika digoreng, kandungan lemaknya bisa meningkat.

  1. Berbagai Jenis Daging Merah

Daging berwarna merah seperti daging sapi, kambing, babi dan lain-lain juga mengandung kadar kolesterol yang tinggi. Daging panggang dan barbeque memang terdengar sangat menggiurkan tapi jika dikonsumsi terlalu sering akan berdampak buruk bagi kesehatan. Sebaiknya sesekali ganti menu daging merah dengan ikan yang mengandung lemak lebih rendah.

  1. Jeroan

Jeroan seperti hati, babat, otak juga memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Misalnya, hati sapi biasanya terdapat 564mg kolesterol yang sudah melebihi kebutuhan kolesterol harian. Begitu pun dengan otak sapi, dalam 10 gram otak sapi bisa terkandung kolesterol hingga 2500 mg. Setelah mengetahui kandungan kolesterol yang cukup tinggi ini, Anda perlu membatasi jumlah konsumsi jeroan sehari-hari ya.

  1. Snack

Meskipun dikenal sebagai makanan ringan, kolesterol yang dikandung dalam biskuit atau keripik juga cukup tinggi lho. Setiap 100 mg paling tidak terdapat sebanyak 172 mg kolesterol. Apalagi, snack seperti ini biasanya tidak terlalu mengenyangkan sehingga membuat Anda mengonsumsinya terus menerus tanpa sadar.

Itu dia lima jenis makanan yang perlu Anda kurangi demi menjaga kadar kolesterol tetap seimbang. Jaga pola makan dan tetap jalani hidup sehat ya! (Rima)

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: