Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Banyak yang menggunakan puasa sebagai salah satu Cara Menurunkan Berat Badan yang efektif. Namun sayangnya, yang banyak terjadi justru sebaliknya. Banyak yang berat badannya justru naik setelah menjalankan puasa. Apalagi, ketika berpuasa di bulan suci Ramadhan. Banyak yang mengeluh berat badannya naik drastis selama menjalankan ibadah puasa, dan bukannya turun. Sebenarnya, seberapa efektif sih puasa sebagai cara menurunkan berat badan? Lalu apa sajakah yang menyebabkan berat badan naik di saat menjalankan puasa? Berikut ini pembahasannya.

Puasa memang bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan, karena saat berpuasa kita hanya akan mengkonsumsi makanan sebanyak 2 kali dalam sehari. Selain itu, kita akan terbebas dari kebiasaan kita memakan makanan ringan saat siang hari, yang dianggap sebagai salah satu penyebab kegemukan. Namun, hal ini hanya akan berlaku jika kita juga mengatur makanan yang kitakonsumsi saat sahur dan berbuka puasa.

menurunkan berat badan

menurunkan berat badan

Saat sahur, rata-rata dari kita hanya mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang terbatas. Hal ini disebabkan karena waktu yang terbatas. Selain itu, waktu makan yang masih tergolong dini hari, membuat kita merasa malas jika makan dalam jumlah besar. Hanya saja, terkadang kita tidak memperhatikan jenis dan kandungan dari makanan yang kita konsumsi. Apalagi, kebiasaan kita tidur setelah makan sahur, juga berpotensi untuk meningkatkan berat badan kita selama bulan puasa.

Selain itu, prinsip orang puasa yang menyatakan “balas dendam saat buka puasa” juga berpotensi besar untuk meningkatkan berat badan kita saat bulan puasa. Mengkonsumsi semangkok es buah lengkap dengan susu, beberapa potong gorengan, dan mengkonsumsi makanan berat akan membuat berat badan kita naik secara drastis. Penyebabnya, karena tubuh hanya memiliki waktu yang terbatas untuk mengolah makanan yang kita konsumsi saat makan malam. Karena itulah, jika saat berbuka kita mengkonsumsi makanan secara berlebihan, tubuh tidak akan bisa mengolahnya secara sempurna.

Agar puasa menjadi cara yang efektif untuk menurunkan berat badan, kita harus pintar mengatur menu makan saat sahur dan berbuka. Konsumsi serat dan jenis makanan lain yang membutuhkan waktu lama untuk di cerna saat sahur, akan membantu kita merasa lapar lebih lama. Sementara, cobalah untuk menghindari makanan berlemak, gorengan, dan minuman manis saat berbuka puasa. Selain itu, jangan pernah menerapkan prinsip “balas dendam saat berbuka puasa” saat menjalankan puasa. (Yv)

Tags: , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: