Mengoptimalkan Pembuatan Cor Beton

Pernah melihat proses pembuatan cor beton? Ketika melihat seseorang membuat cor beton, tampaknya memang mudah sekali. Tinggal tambah semen dan beberapa material lain, diaduk rata, dan terakhir diletakkan pada cetakan. Jadilah beton seperti yang diinginkan. Padahal, membuat beton hasil cor tidak semudah itu lho. Memang, saat ini banyak tempat jual pagar beton precast yang sudah jadi dan siap digunakan. Tetapi, untuk beberapa hal seperti pembuatan jalan, misalnya, tidak bisa jika menggunakan jenis beton tersebut. Solusinya adalah membuat konstruksi cor beton dengan olahan sendiri.

Membuat konstruksi cor beton tidaklah semudah yang dibayangkan. Anda perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini agar olahannya optimal dan tidak mudah retak.

Cor beton

Cor beton

  1. Tentukan dimensi beton dan ukuran struktur yang pas. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, tentunya Anda pun harus melakukan hitungan yang tepat. Meski terbilang rumit dan membutuhkan ketelitian yang tinggi, perhitungan ini akan memudahkan Anda di lapangan. Pengerjaan pun akan semakin cepat karena Anda sudah tahu apa yang ingin dilakukan.
  2. Siapkan cetakan yang akan digunakan untuk proses pembuatan beton. Pastikan bahwa setiap cetakan sudah memiliki penyangga yang kuat agar tidak mudah bocor, hasil rapi, efisiensi bahan, dan juga terhindar dari bahaya kerobohan. Jika Anda menggunakan cetakan bekas, pastikan bahwa cetakan tersebut masih kokoh dan tidak melengkung. Bersihkan juga dari bekas cor dan sisa-sisa semen yang melekat di cetakan tersebut.
  3. Jangan terburu-buru dalam menyelesaikan waktu pencetakan. Banyak orang yang tidak sabaran dalam menunggu waktu pelepasan cetakan sehingga beton yang dihasilkan tidak kokoh dan mudah bocor. Ikuti waktu yang sudah ditetapkan agar hasilnya optimal. Tunggu agar beton benar-benar kering sehingga ia mampu menahan beban yang ditimpakan kepadanya. Setelah kering, jangan lupa untuk melakukan pengairan pada permukaan beton selama satu minggu penuh.

Berbagai tips yang telah disebutkan di atas juga bisa Anda terapkan ketika ingin merenovasi rumah dengan membangun rumah berbahan dasar beton. Dengan menerapkan beberapa tips di atas, maka Anda dapat mengontrol biaya renovasi rumah namun mendapatkan hasil yang maksimal. (Tr)

Tags: , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: