Mengoperasikan Alat Berat

Tidak banyak orang yang bisa mengoperasikan alat berat. Entah karena pengoperasian mesinnya yang berbeda dengan mesin kendaraan kebanyakan atau karena spare part alat berat nya yang susah dipahami. Patut diingat bahwa setiap alat berat memiliki cara pengoperasian yang berbeda dan adalah tugas Anda untuk memahaminya secara spesifik. Hal ini tentunya tidak didapat dengan cara instan melainkan melalui pengalaman selama bertahun-tahun.

Bagi Anda yang belum bisa mengoperasikan alat berat, sebetulnya ada cara lain yang bisa Anda tempuh, yakni mendaftarkan diri ke tempat-tempat berlatih khusus alat berat. Di tempat ini, Anda tidak hanya akan diajarkan

Alat Berat

Alat Berat

bagaimana mengoperasikan alat berat saja, tetapi juga diperkenalkan mengenai berbagai part atau komponen alat berat. Misalnya, seperti fork pada forklift, bucket pada excavator, dan berbagai komponen lainnya. Atau jika memungkinkan, Anda juga bisa mengamati para operator alat berat ketika bekerja.

Nah, bagi Anda yang ingin belajar mengoperasikan alat berat, setidaknya ada tiga hal yang harus menjadi perhatian Anda.

  1. Safety First. Hal ini adalah konsep dasar utama dan terutama yang harus dipegang oleh setiap operator alat berat. Jika Anda ingin bisa menguasai alat berat, maka hal inilah yang harus Anda pahami terlebih dahulu. Safety first atau keselamatan kerja, harus selalu ditanamkan di kepala dan menjadi acuan setiap kali mengoperasikan alat berat. Mengapa demikian? Sebab sebagian besar dari kecelakaan kerja bersumber pada kelalaian manusia ketika mengoperasikan alat berat. Faktor lainnya yang mengancam keselamatan adalah kerusakan pada alat, sehingga Anda dituntut untuk rajin-rajin memeriksanya; dan juga faktor alam, seperti gempa bumi atau tanah longsor, misalnya.
  2. Keterampilan atau skill. Setelah safety first, yang harus Anda miliki adalah keterampilan. Keterampilan atau skill merupakan hal yang mutlak dimiliki oleh setiap operator. Keterampilan pun tidak hanya berputar pada kemampuan mengoperasikan alat berat saja tetapi juga kemampuan untuk menganalisis medan.
  3. Konsentrasi yang tinggi. Hal ini berkaitan dengan poin nomor satu. Sebagai seorang operator alat berat, Anda dituntut untuk memiliki konsentrasi tinggi ketika tengah mengoperasikan alat berat. Anda tidak boleh mudah terdistraksi, tidak boleh memiliki pikiran yang terpecah, dan harus fokus pada satu tujuan. Sebab, ketika konsentrasi Anda terganggu, bukan tidak mungkin jika pekerjaan Anda akan membahayakan keselamatan orang lain.

Itu dia tiga hal yang harus dimiliki oleh para operator alat berat. Tentunya, selain dua hal di atas, Anda pun harus memiliki tujuan dan prosedur kerja yang baik agar pekerjaan di lapangan bisa terselesaikan tepat waktu.

Leave a Reply

%d bloggers like this: