Mengenal Water Heater

Pasti kita sudah sering melihat benda berwarna hitam yang terpasang di atap rumah sekitar kita. Biasanya, benda ini terdiri dari tabung panjang yang terhubung dengan plakat berwana hitam. Mungkin sebagian dari kita masih merasa asing dengan benda tersebut, dan bertanya-tanya apa sebenarnya fungsi benda tersebut? Namun, bagi sebagian orang yang sudah menggunakan solar water heater pasti tidak lagi merasa asing dengan benda ini.

Benda hitam yang sering terpasang pada atap rumah ini sering disebut sebagai solar water heater, atau pemanas air tenaga matahari. Fungsi plakat pada benda ini yaitu untuk menangkap panas sinar matahari dan kemudian menggunakannya untuk memanaskan air yang mengalir di dalamnya. Nah, untuk lebih memahami bagaimana

water heater

water heater

sistem kerja dari solar water heater, yuk simak pembahasan berikut ini.

Konsep menangkap sinar matahari untuk memanaskan air sudah ada sejak tahun 1896 di Amerika Serikat, ketika Clarence Kemp memasukkan tangki air ke dalam kotak kayu untuk memanaskan air. Sebuah iklan dari tahun 1902 sudah mengiklankan solar water heater, dan kolektor surya telah dipakai pada tahun 1920-an. Setelah krisis minyak pada tahun 1973, solar water heater pun makin banyak peminatnya.

Untuk menampung dan memanaskan air, pemanas air sendiri dapat dibagi menjadi tipe direct, indirect,  dan split active system.

  • Tipe direct bekerja secara langsung untuk memanaskan tangki berisi air dan lalu digunakan untuk kebutuhan air panas di rumah.
  • Tipe indirect memiliki alat heat exchanger yang dipanaskan oleh air di dalam tangki agar temperatur air panas lebih stabil dan aliran air lebih deras.
  • Tipe split active system adalah perkembangan teknologi water heater terbaru di mana tangki air dan kolektor sinar matahari dapat terletak di tempat yang berbeda.

Sedangkan tenaga pemanas yang didapatkan dari sinar matahari dapat diserap dengan alat yang bernama kolektor, dan ada beberapa tipe, yaitu kolektor flat dan tabung vakum.

  • Kolektor flat terdiri dari lempengan kaca yang melapisi lempengan penyerap panas. Air yang akan dipanaskan lalu dialirkan melewati pipa di bawah lempengan penyerap panas tersebut.
  • Tabung vakum adalah inovasi baru di mana unit penyerap sinar matahari berbentuk tabung-tabung kaca yang dapat menyerap panas secara individual. Ini lebih menguntungkan karena jika satu tabung rusak, tabung lainnya tidak terpengaruh dan masih dapat menyerap sinar matahari dengan baik.

Kurang lebih begitulah sedikit informasi mengenai pemanas air dan sejarahnya, diharapkan ini bisa memuaskan rasa penasaran bagi mereka yang ingin tahu bagaimana cara alat-alat ini memberikan mereka mandi air panas yang nikmat dan menenangkan. (Dana)

Tags: 

Leave a Reply

%d bloggers like this: