Mengenal Understeer dan Oversteer

Pernahkah Anda mendengar kedua istilah tersebut? Mungkin, banyak dari Anda yang masih belum paham mengenai kedua istilah tersebut. Padahal, jenis mobil apapun yang Anda kendarai tetap bisa mengalaminya. Tidak peduli apakah mobil besar seperti Truk Fuso ataupun mobil keluarga. Namun, apakah mobil mengalami understeer ataukah oversteer akan bergantung pada jenis mobil yang dikendarai.

Baik understeer maupun oversteer terjadi pada saat mobil menikung atau berbelok. Hanya saja, understeer hanya

Mengenal Understeer dan Oversteer

Mengenal Understeer dan Oversteer

akan terjadi pada mobil dengan roda penggerak depan, sementara oversteer terjadi pada mobil dengan roda penggerak belakang. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah detail mengenai kedua istilah ini.

  • Understeer

Understeer terjadi pada saat mobil sulit berbelok akibat roda depan kehilangan traksi saat memasuki tikungan. Kondisi tersebut terjadi akibat kecepatan mobil masih terlalu tinggi saat memasuki tikungan. Akibatnya, daya cengkeram roda terhadap aspal akan berkurang dan mobil kehilangan traksi saat berbelok. Meskipun Anda sudah memutar kemudi secara penuh, tetapi mobil akan tetap melaju lurus hingga ke luar jalur.

Jika Anda mengalami understeer, Anda harus tetap tenang dan kurangi tekanan pada gas maupun rem secara perlahan. Kurangi juga putaran pada kemudi secara perlahan hingga Anda kembali mendapatkan traksi.

  • Oversteer

Oversteer sering juga dikenal dengan istilah drift. Terjadi pada saat mobil menikung tetapi roda belakang justru mengarah ke depan karena kehilangan traksi. Pada oversteer, roda depan sudah mengikuti arah kemudi tetapi roda belakang tidak berhasil mengikuti hingga akhirnya seringkali membuat mobil melintir atau berputar. Sama halnya dengan understeer, oversteer ini juga bisa terjadi akibat mengendarai mobil dalam kecepatan tinggi ketika melewati tikungan.

Jika Anda mengalami oversteer, Anda harus mengurangi kecepatan secara perlahan. Hindari menekan pedal gas maupun rem secara mendadak karena akan sangat berbahaya dan membuat Anda semakin kehilangan kontrol.

Jika Anda perhatikan, sebenarnya baik understeer maupun oversteer bisa terjadi akibat kecepatan tinggi saat menikung. Namun, selain faktor kecepatan, kondisi tersebut juga bisa terjadi akibat dari kondisi ban yang sudah kurang bagus. (Vita)

Leave a Reply

%d bloggers like this: