Mengenal Tumor Otak

Tumor otak atau neoplasma intrakranial merupakan salah satu bagian dari tumor pada sistem saraf manusia,disamping tumor spinal dan tumor saraf perifer. Tumor otak ini adalah suatu lesi ekspansif yang bersifat jinak (benigna) maupun ganas (maligna), membentuk massa dalam ruang tengkorak kepala (intra cranial) atau sumsum tulang belakang (medulla spinalis). Neoplasma pada jaringan otak dan selaputnya menjadikan sakit  tumor  otak dapat bersifat primer atau pun merupakan metastase (berasal dari organ-organ lain, seperti kanker payudara, kanker paru, ginjal dan lain-lain) yang disebut tumor otak sekunder.

Sakit Tumor otak berbeda dari penyakit tumor lainnya, karena efek yang ditimbulkannya dan keterbatasan terapi  yang  dapat dilakukan karena terletak pada organ otak yang krusial. Tumor otak akan menyebabkan kerusakan pada jaringan otak secara langsung

tumor otak

tumor otak

dan akan menimbulkan gangguan fungsional dari sistem saraf pusat.

Gangguan fungsional dari sistem saraf pusat ini dapat berupa :

– Gangguan Motorik

– Ganguan Sensorik

– Panca Indera

– Kemampuan Kognitif

Selain itu, efek massa yang ditimbulkanoleh tumor otak juga akan memberikan masalah yang serius mengingat tumor berada dalam rongga tengkorak yang pada orang dewasa merupakan suatu ruang tertutup dengan ukuran tetap.

Tumor intrakranial atau tumor otak merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakuti karena otak merupakan organ sentral yang sangat penting.Keganasan primer susunan saraf pusat merupakan 2% dari seluruh kanker tetapi jumlah yang tidak proporsional untuk tingkat morbiditas dan juga mortalitas.Diperkirakan 43.800 kasus baru dari tumor jinak dan ganas didiagnosis setiap tahunnya di Amerika, termasuk 3410 kasus pada anak-anak dan remaja. Dari kasus ini,sekitar 12.760 akan meninggal karena tumor otak ini. Kasus dari tumor otak adalah 14,800 per 100.000 orang per tahun, dengan sekitar setengah adalah jinak secara histologi. Bahkan tumor  jinak, jika tidak dapat di angkat atau radioterapi, dapat menjadi sangat fatal dan menyebabkan pertumbuhan yang progresif dalam ruang tengkorak yang tertutup.Wanita mempunyai kasus yang sedikit lebih tinggi (15,1/100.000 orang per tahun) dari pria (14,3/100.000 orang per tahun),kemungkinan kerana tingginya kasus meningioma pada wanita. Keganasan dari tumor system saraf pusat menyebabkan kematian dari tumor solid pada anak penyebab ketiga kematian karenakanker pada remaha dan dewasa usia 15-34 tahun. Meningioma adalah tumor jinak otak yang paling banyak, dan astrositoma, termasuk glioblastoma multiforme (GBM), adalah tumor otak ganas yang paling banyak.

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: