Mengenal Sejarah Kereta Bayi II

Stroler bayi sudah ada sejak tahun 1733 masih dalam bentuk yang sangat sederhana dan memiliki harga yang mahal sehingga hanya dapat dibeli oleh kaum bangsawan. Mari kita mengenal sejarah kereta bayi lebih lanjut :

William H.Richardson

Stroller yang tadinya terbuat dari rotan dan besi ini dikembangkan dan disempurnakan hingga lebih mirip dengan bentuk yang Anda

Kereta Bayi

Kereta Bayi

lihat sekarang oleh William H.Richardson dari Baltimore, Maryland (AS) yang mematenkan karyanya ini pada tahun 1889.Idenya adalah dengan penggabungan khusus yang memungkinkan tempat tidur/duduk bayi mengarah ke orang yang mendorong. Beberapa perubahan juga ada, misalnya pengubahan dalam poros roda sehingga memungkinkan kereta bayi berputar dengan baik.

Perang Dunia

ketika perang dunia pertama hampir berakhir persis sebelum 1920, ledakan kelahiran bayi membuka pasar kereta dorong untuk semua orang kecuali keluarga (orang miskin). Beberapa tahun kedepannya  ditambahkan beberapa modifikasi pada desain yang lebih diutamakan untuk keselamatan seperti rem pada kereta bayi, keranjang bayi yang lebih dalam sehingga bayi lebih aman. Dari segi material pembuatan juga sudah mulai menggunakan karet dan plastic untuk menggantikan kayu ataupun rotan.

Pada tahum 1950-an, kereta bayi mulai menjadi barang yang wajib dimiliki oleh orang tua yang baru karena bahan yang murah dan desain yang semakin modis sehingga setiap orang tertarik untuk membelinya.

1965

Pada tahun 1965, seorang insinyur aeronautika dari London, Owen Maclaren mempertimbangkan untuk membuat kereta dorong bayi yang simple dan ringan yang dapat disimpan bila tidak digunakan lagi hal ini dikarenakan keluhan sang puteri yang harus menyeret kereta bayi sepanjang perjalanannya dari Amerika Serikat ke Inggris.

Owen Maclaren menemukan kereta dorong dengan payung, dan ini adalah  konsep dari awal dari “stroller bayi”. Dengan menggunakan bingkai aluminium yang ringan dan dapat dilipat ia mengembangkan kereta dorong untuk dapat menampung beban dan cukup aman. “stroller bayi”ini dengan cepat dapar menggantikan posisi kereta bayi sebelumnya.

Selanjutnya kereta bayi ataupun stroller bayi terus mengalami perubahan yang lebih baik dari segi keamanan, kenyamanan, hingga harga.Namun dari segi harga beberapa stroller bayi memiliki harga yang mahal juga karean tidak terlepas dari faktor kualitas dan kemewahan seperti yang kita lihat misalnya pada stroller-stroler bayi artis-artis ternama  seperti yang kita lihat sekarang ini.

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: