Mengenal Sejarah Kereta Bayi I

Stroller bayi atau yang biasa disebut juga Kereta bayi untuk pertama kali ditemukan pada tahun 1733 oleh seorang arsitek Inggris bernama William Kent. Pada awalnya kereta bayi dorong ini berbentuk seperti tempurung dan akan ditarik oleh seekor anjing ataupun kuda poni. Setelah pembuatan kereta bayi pertama ini, kereta bayi mulai dikenal dilkalangan kelas atas di seluruh Eropa, tetapi hanya kalangan terbatas saja yang memiliki kereta bayi ini karena kereta bayi pada saat itu terbuat dari bahan kayu atau rotan dan dilapisi oleh kuningan yang mahal harganya selain itu juga dihiasi dengan ornamen karya seni yang indah. Tahun-tahun berikutnya terjadi inovasi baru yaitu, adanya pegangan untuk orang tua karena pada awalnya kereta bayi hanya ditarik oleh anjing atau kuda poni dan bukan oleh orang tua.

kereta bayi

kereta bayi

Kereta Bayi di Amerika Serikat (1830)

Kereta bayi pertama kali di Amerika Serikat diprakasai oleh Benjamin Potter Crandall pada tahun 1830. Putranya, Jesse Armour Crandall mengeluarkan sejumlah hak paten untuk perbaikan dan penambahan pada model standar. Ini termasuk untuk menambahkan rem kereta, model yang dapat dilipat, desain untuk payung dan gantungan payung.

Kereta Bayi pada Tahun 1840

Pada tahun 1840-an kereta bayi mengalami terobosan besar untuk pertama kalinya, ketika Ratu Victoria membeli tiga kereta bayi dari toko bayi Hitchings di Ludgate Hill. Ratu Victoria membuat tren bahwa siapa saja yang ingin menjadi bagian dari masyarakat kelas atas

harus membeli ataupun memiliki kereta dorong bayi. Kereta bayi pada masa itupun diberi nama misalnya Dutchess, Princess, Windsor, Balmoral yang merupakan cerminan hubungan masyarakat kerajaan. Namun sayangnya, kereta bayi pada masa itu terlalu tinggi hingga tidak aman, dan tidak terlalu stabil hingga dapat sangat dirasakan manfaatnya.

Hal yang unik adalah ketika pada akhir abad kesembiln belas, kereta bayi dilarang melewati jalan setapak publik sama seperti kendaraan roda empat lainnya.tapi akhirnya diperbolehkan karena dianggap tidak membahayakan keselamatan.

Kereta bayi terus mengalami perkembangan, untuk perkembangan selanjutnya dapat dilihat di Mengenal Sejarah Kereta Bayi II.

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: