Mengenal Parfum Chanel

Siapa tidak kenal atau bahkan sampai tergila-gila menjadi salah satu fans berat parfum original Chanel. Parfum Chanel memang sudah menjadi salah satu brand high class, tidak heran memang karena parfum ini sendiri sudah menggitu melegenda.

Parfum Chanel diambil dari nama penggagasnya, Gabrielle Coco Bonheur Chanel. Sebelumnya Gabrielle Coco Bonheur Chanel adalah perancang mode yang sangat revolusioner. Mengawali karirnya Pada tahun 1908 dengan menciptakan topi trim kecil yang menjadi trend hampir setengah abad. Setelah itu is terus melakukan revolusi pada dunia fashion.

Untuk parfum original chanel sendiri bermula dari keinginan  Coco agar House of Chanel memiliki signature parfum sendiri. Dengan

parfum chanel

parfum chanel

salah satu pemikiran yang ia kemukakan “’woman should smell like a woman, not a rose!” yang disebabkan karena pada masa itu adanya protes dirinya terhadap wangi parfum yang diperuntukkan bagi wanita pada masa itu

Coco Chanel bekerja sama dengan Ernest Beaux, seorang perfumer berkebangsaan Rusia. Ernest Beaux menawarkan beberapa pilihan wangi parfum pada Coco yang tanpa ragu memilih wangi parfum urutan ke-5, Wangi parfum ini merupakan campuran antara 80 hingga 250-an wangi bahan alami dengan bahan sintetis aldehyde sehingga wangi parfum ini menjadi sangat berbeda. Parfum chanel ini diluncurkan pada tanggal 5 bulan ke-5 tahun 1921. Dari sinilah tercipta nama parfum ‘No.5’ ini.

Pada Tahun 1924, Chanel menandatanganni kerja sama dengan Pierre dan Paul Wertheimer untuk mendirikan sebuah perusahaan bernama Parfums Chanel. Pierre dan Paul Wertheimer bersedia memberikan dukungan finansial penuh untuk produksi, marketing, dan distribusi Chanel No. 5. Wertheimer bersaudara memegang 70 persen saham, 20 persen oleh Theophile Bader, dan sepuluh persen milik Coco Chanel.

Coco Chanel tidak puas dengan perjanjian tersebut dan memperjuangkannya hingga 1947 ssampai akhirnya ia mendapatkan hak royalti selama Perang Dunia II dan memegang dua persen saham perusahaan. Pendapatan Chanel dari keuntungan penjualan Chanel No. 5 pada masa itu mencapai hingga 25 juta dollar Amerika per tahun, yang secara otomatis membuatnya menjadi slah satu wanita terkaya di dunia.

Bahkan hingga saat ini, parfum itu masih menjadi parfum dengan penjualan tertinggi di dunia dengan mencapai 10 juta botol per tahun.

Tags: , , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: