Mengenal Mesin Cuci Front Loading

Mesin cuci front loading adalah mesin cuci dengan bukaan depan dan merupakan mesin cuci yang paling update dan advance saat ini dibandingkan mesin cuci terdahulunya, yaitu twin tube (dua tabung) dan top load. Masing-masing mesin cuci ini memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing, tentunya kelebihan masing-masing setara dengan harganya. Mesin cuci jenis twin tube adalah jenis mesin cuci yang memiliki harga paling terjangkau.

Cara Kerja Mesin Cuci Front Loading

Mesin cuci front loading memiliki satu tabung stainless steel yang memiliki lubang-lubang seperti mesin cuci jenis top loading yang memiliki tonjolan dibeberapa tempat. Posisi tabung pada mesin cuci ini horizontal, dengan arah putaran vertical dan tabung tidak dilengkapi dengan pulsator.

Daya cuci pada mesin cuci jenis ini dihasilkan akibat cucian yang basah dengan air deterjen dibawa berputar oleh tabung secara vertikal. Karena kecepatan putaran tabung pada waktu proses mencuci didesain tidak cepat, maka pada waktu posisi cucian tersebut sampai pada akhir putaran, cucian tersebut akan jatuh kebagian tabung yang dibawah sehingga menimbulkan efek layaknya digilas, apalagi arah putaran tabung selalu berubah-ubah, maka efektifitas penggilasan cucian ini menjadi lebih intensif. Apabila proses mencuci/penggilasan telah selesai, maka air bekas cucian dibuang dan diganti dengan air bersih untuk melakukan proses pembilasan.

Begitu juga proses pengeringan terjadi setelah air deterjen/air bilasan dibuang dan tabung pengering yang berisi cucian dan diputar oleh motor listrik dengan kecepatan tingggi (bisa mencapai 1.200 rpm) akan menyebabkan munculnya  gaya sentrifugal yang mampu menekan cucian pada dinding tabung pengering dan melemparkan air pada cucian tersebut keluar melalui lubang-lubang yang terdapat pada tabung pengering tersebut.

Efektivitas Mesin Cuci Front Loading

–           Dengan menggunakan mesin cuci front loading, untuk mengeringkan pakaian hasilnya mencapai 95%.

–           Dapat mengatur Rpm (daya putar) sesuai dengan kebutuhan

–           Bisa mengatur temperatur suhu pencucian agar baju tetap awet

–           Bisa ditumpuk, sehingga space/ruangan proses laundry menjadi lebih leluasa

 

Semakin mudah pengerjaan yang dilakukan tentunya juga semakin mahal biaya yang harus dikeluarkan. Harga mesin front loading memang lebih mahal dibandingkan jenis mesin cuci lainnya.

Tags: , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: