Mengenal Kemasan Bento dan Berbagai Keunggulannya

Anda yang penggemar berat dari kuliner khas Asia, khususnya Jepang, pasti pernah mendengar istilah “Bento”. Namun sebenarnya, apa yang dimaksudi dari Bento itu sendiri? Dan mengapa Bento dapat menjadi sesuatu yang begitu populet tidak hanya di Jepang namun juga dunia?

Jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, Bento memiliki arti bekal makanan atau nasi kotak makanan yang cukup populer di negara Jepang. Biasanya isi kemasan bento disusun dan ditata dengan sangat menarik sehingga terlihat menarik dan dapat mengundang selera makan semua orang.

Mengenal Kemasan Bento dan Berbagai Keunggulannya

Bento sendiri biasanya diisi dengan nasi, lauk seperti sosis, telur gulung, daging dan juga bermacam-macam jenis sayuran. Di Jepang, Bento juga dijual di supermarket – supermarket dengan harga yang merakyat namun dengan rasa yang sangat memuaskan.

Sejarahnya, Bento berasal dari zaman Kamakura (1185-1333). Saat itu, orang Jepang mengenal hoshi-ii atau nasi kering. Hoshi-ii bisa langsung dimakan.Hoshi-ii juga dapat dimakan dengan cara direbus terlebih dahulu dalam air sebelum dimakan. Hoshi-ii biasa dibawa menggunakan tas kecil.

Dua abad kemudian, tas kecil digantikan oleh kotak kayu. Makanan tersebut menjadi terlihat lebih menarik dan praktis, sehingga makanan tersebut sering dibawa pada saat perjalanan jauh ataupun sedang upacara minum teh.

Pada zaman Edo (1603-1867), makanan ini berkembang. Setelah dikembangkan, makanan ini menjadi memiliki aturan khusus untuk membuat dan memasaknya, dan wadahnya pun berubah menjadi menggunakan anyaman dari bambu.

Kotak tersebut menjadi sangat populer di kalangan para wisatawan dan pencinta seni karena kotak tersebut bisa diikatkan di pinggang.

Pada zaman Meiji (1868-1912), orang Jepang mulai menjual bento di stasiun kereta api. Bento ini disebut “ekibento” atau “ekiben”. Beberapa orang juga sudah mulai membuat bento bergaya Eropa. Isinya yaitu roti isi.

Bento pun pernah menghilang dari Jepang dikarenakan  Bento disebut sebut digunakan sebagai alat untuk memamerkan kekayaan. Pada masa kekaisaran Taisho (1912-1926) Bento menjadi barang yang mewah di Jepang yang dikarenakan saat itu kotak Bento terbuat dari alumunium yang aman dan sangat mudah untuk dibersihkan, namun saat itu ada gerakan sosial yang mengatakan bahwa Bento merupakan alat yang digunakan untuk memamerkan kekayaan. Oleh sebab itu secara perlahan Bento pun menghilang dari Jepang.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu, pada tahun 1980 Bento kembali muncul di Jepang. Sekarang Bento hanya menggunakan kotak plastik yang sederhana namun aman untuk menyimpan makanan, harganya juga sudah tidak terbilang mahal lagi sehingga dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat Jepang.

Di Indonesia sendiri, kini Anda dapat menemukan berbagai jenis bento di banyak tempat. Mulai dari restoran, supermarket, atau bahkan mini market. Bento juga dikenal dapat digunakan sebagai sarana pendekatan ataupun untuk menyatakan cinta kepada lawan jenis.

Nah, bagi Anda yang berminat untuk menggeluti usaha di bidang makanan Jepang, tentunya menjadikan bento sebagai salah satu jenis menu yang ditawarkan bisa jadi daya tarik tersendiri. Dengan desain yang sederhana namun terbilang menarik, kemasan bento juga memiliki berbagai keunggulan seperti berikut:

1. Lebih ramah lingkungan

Menggunakan kotak bento adalah cara yang bagus untuk mengurangi dampak Anda terhadap lingkungan dengan mengganti produk plastik dan kertas sekali pakai dengan kotak makan siang fungsional yang bergaya yang dapat menampung makanan buatan rumah Anda yang indah hari demi hari!

2. Hemat

Tahukah Anda rata-rata rumah tangga Amerika menghabiskan lebih dari $ 3.000 setahun di restoran dan makan? Di Australia, milenium menghabiskan lebih dari $ 5.000 setahun untuk makan di luar rata-rata. Mempersiapkan kotak bento untuk istirahat Anda di tempat kerja atau sekolah bahkan beberapa kali seminggu dapat menghemat ratusan dolar per tahun untuk biaya makan Anda.

3. Higienis

Ukuran kotak bento yang terbatas membantu mengontrol porsi makan, sementara pembagi dan aksesoris yang dapat dipindah-pindahkan mempromosikan pengemasan makanan seimbang yang terdiri dari berbagai kelompok makanan.

4. Menyenangkan!

Dengan kombinasi kotak yang tampaknya tak terbatas, set peralatan makan dan aksesori yang tersedia, kotak bento membantu memastikan bahwa Anda tidak akan pernah lagi makan siang yang membosankan!

Tags: , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: