Mengenal Jenis-jenis Visa Beserta Fungsinya

Untuk pergi ke luar negeri, tentunya ada banyak hal yang harus Anda persiapkan. Tiket pesawat dan mengetahui langkah yang harus dilakukan saat pesawat delay, asuransi perjalanan terbaik, passpor, dan visa. Memang, tidak semua negara mewajibkan Anda memiliki visa, khususnya untuk negara yang berada di wilayah ASEAN. Namun, sebagian besar negara mewajibkan Anda memiliki visa. Pembuatan visa ini tidak bisa dibilang mudah, karena ada berbagai dokumen yang harus Anda penuhi. Tidak hanya itu, berbeda keperluan kunjungannya, akan berbeda pula

visa

visa

jenis visa yang digunakan.

Nah, supaya tidak bingung, sebaiknya Anda ketahui dulu macam-macam jenis visa yang ada.

  • Tourist visa

Visa ini merupakan visa kunjungan sementara untuk tujuan wisata. Visa ini mungkin merupakan jenis visa yang paling populer digunakan masyarakat. Ya, sesuai dengan namanya, tourist visa berguna ketika Anda ingin melakukan perjalanan wisata ke luar negeri. Persyaratan tourist visa yang dimiliki masing-masing negara tentunya berbeda. Supaya lebih mudah, Anda harus mencari banyak informasi terlebih dahulu sebelum mengajukan visa.

  • Business visa

Jika saat berlibur Anda memerlukan tourist visa, maka ketika ingin melakukan perjalann bisnis Anda harus memiliki business visa. Visa ini berfungsi untuk kunjungan sementara untuk tujuan bisnis. Perjalanan bisnis yang dilakukan bisa berupa mengunjungi seminar, pameran, atau melakukan kerjasama dengan suatu perusahaan.

  • Work visa

Jangan sampai salah persepsi, work visa berbeda dengan business visa. Work visa merupakan visa yang diberikan kepada seseorang yang ingin bekerja atau menjadi karyawan di luar negeri. Jenis visa kerja pun ada beberapa macam, seperti visa kerja sementara, semi-permanent, atau permanent.

  • Study permits

Study permits atau visa belajar merupakan visa yang digunakan oleh pelajar yang ingin sekolah di luar negeri. Biasanya, visa belajar berlaku selama masa pembelajaran termasuk saat periode libur sekolah. Umumnya, study permits lebih mudah didapatkan ketimbang jenis visa yang lain.

  • Exchange permits

Berbeda dengan study permits, visa ini merupakan visa yang diberikan kepada peserta program pertukaran pelajar. Visa ini akan berlaku selama program masih berlangsung, bisa harian atau bulanan, tergantung program yang diikuti. Jenis visa cenderung mudah didapatkan karena pengajuannya dibantu oleh instansi terkait program pertukaran pelajar.

Bukan hanya yang disebukan di atas saja, sebenarnya masih ada lagi jenis-jenis visa lainnya. Namun diharapkan beberapa jenis visa dan pengertian di atas sudah cukup membantu menentukan mana visa yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda! (Rima)

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: