Mengenal Ciri-Ciri Hunian Bergaya Scandinavian

Tidak bisa disangkal, konsep hunian bergaya Scandinavian memang sedang populer akhir-akhir ini. Pasalnya, hunian dengan konsep ini identik dengan kesan minimalis, pencahayaan alami, dan juga elemen kayu. Namun demikian, dalam pengaplikasiannya, banyak yang membuat inovasi tersendiri terkait model hunian bergaya Scandinavian. Tak sedikit arsitektur yang menggunakan kusen upvc untuk mengganti kusen kayu dengan alasan ekonomis dan efisiensi.

Namun demikian, untuk Anda yang masih bingung mengenai ciri hunian bergaya Scandinavian, berikut beberapa di

Furniture

Furniture

antaranya:

  1. Warna netral yang dominan. Hunian bergaya Scandinavian biasanya didominasi dengan warna-warna yang netral. Putih, abu-abu, dan juga cokelat muda merupakan warna yang kerap digunakan dalam rumah Scandinavian. Biasanya, desainer akan memilih satu warna utama (biasanya putih) sebagai warna dominan, lalu dilengkapi dengan warna-warna abu-abu, cokelat muda, dan warna pastel yang netral sebagai komplimenternya.
  2. Pencahayaan alami. Ciri lain yang paling terlihat dari hunian bergaya Scandinavian adalah pencahayaan yang alami pada interiornya. Hal ini disebabkan oleh jendela dan bukaan besar yang sengaja dibuat untuk membuat cahaya lebih mudah masuk ke dalam rumah. Oleh sebab itu, tak heran jika rumah bergaya Scandinavian terlihat sangat nyaman dan homey karena desainnya yang unik.
  3. Sentuhan elemen kain. Mungkin Anda sempat berpikir bahwa jika hunian Scandinavian didominasi dengan warna netral, apakah tampilannya tidak terlihat membosankan? Well, nyatanya tidak demikian, lho. Sebab interior di rumah Scandinavian tetap terlihat memesona karena ruangannya diberikan sentuhan elemen kain. Mulai dari karpet, tirai dan gorden, taplak, semuanya bisa dijadikan sebagai elemen dekorasi. Saat menjelang Halloween, Anda juga bisa menerapkan trik menghias rumah bertema Halloween dengan memasang tirai hitam dan dekorasi seperti sarang laba-laba.
  4. Didominasi dengan material kayu. Elemen kayu juga sangat kuat dalam hunian Scandinavian. Biasanya, elemen kayu ini tak hanya hadir dalam bentuk furnitur tetapi juga dalam bentuk langit-langit rumah, lantai, dan lain sebagainya. Kehadiran elemen ini juga akan membuat ruangan menjadi terasa hangat.
  5. Minim detail. Hunian Scandinavian mengedepankan tampilan yang sederhana dan minimalis. Oleh sebab itu, tak heran jika salah satu ciri berikutnya adalah minim detail. Yap, mulai dari perabotan sampai ke penataan ruang, hunian Scandinavian sangat minim detail sehingga ruangannya terlihat sederhana dan juga lapang.

Itu dia ciri-ciri dari hunian bergaya Scandinavian. Ternyata tak sulit bukan untuk mengidentifikasi cirinya? Jadi, tertarik untuk menghadirkan rumah berkonsep sederhana ini?

 

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: