Mengenal Breadcrum Website

Apakah breadcrum website? Breadcrum biasanya diasosiasikan dengan roti, namun dalam dunia digital khususnya website, breadcrum adalah salah satu bentuk navigasi yang umumnya ada pada website. Stilah breadcrum  ini berasal dari dongeng “Hansel and Gretel” dari Brothers Grimm. Dalam dongeng, dua anak menggunakan Breadcrumbs untuk menemukan jalan mereka kembali ke rumah. Breadcrumbs, seperti yang berlaku untuk Internet, menawarkan pengguna kemampuan untuk menemukan jalan mereka kembali ke halaman utama.

Breadcrum memudahkan pengunjung, jadinyapengunjung tidak perlu mengulangi navigasi dari awal untuk menemukan artikel dengan topik yang sama pada website. Pengunjung hanya perlu mengklik breadcrumbs untuk kembali ke halaman yang sebelumnya diakses.

Breadcrumb memiliki beberapa manfaat:

  1. Memudahkan pengunjung : Melalui breadcrumb, pengunjung dapat mengetahui sedang berada dimana saat ini di website tersebut. Breadcrumb menunjukkan jalur yang sudah dilalui sampai di halaman web saat ini.
  2. Breadcrumb disukai oleh search engine : selain pengunjung,breadcrumb juga disukai oleh search engine. Search engine atau robot google menggunakan breadcrumb untuk mengenali struktur dari sebuah website. Googleakan menyertakan breadcrumb di hasil pencarian (SERP) bila Anda menambahkan data terstruktur. Breadcrumb adalah fitur tambahan yang secara positif dapat mempengaruhi peringkat website Anda.
  3. Mengurangi Bounce Rate atau rasio pentalan. Breadcrumb menjadi alternatif ke bagian website lainnya. Misalnya ketika pengunjung mengunjungi website melalui hasil pencarian search engine, dan ternyata halaman website tidak sesuai ekspektasi, pengunjung dapat menggunakan breadcrumb untuk ke halaman lain.
  4. Breadcrumb bermanfaat ntuk optimasi SEO.  Seperti yang sudah dibahas sebeumnya, breadcrumn membantu pengunjung didalam website sehingga memberikan user experience yang baik. User experience yang baik ini dapat mengurangi bounce rate, membantu lamanaya pengunjung di dalam analitik website dan sebagainya yang pada akhirnya dapat meningkatkan peringkat halaman website meskipun tidak akan nampak secara signifikan.