Mengenal 4K TV Lebih Akrab

Perkembangan teknologi sangatlah pesat, tidak hanya pada industry perdagangan namun juga infromatika dan hiburan. Tidaklah mengherankan apabila kita telah mulai beranjak dan diperkenalkan dengan berbagai istilah seperti halnya Best 4K TV, Ultra High Definition (UHD), dan lainnya. Namun apakah sebenarnya 4K TV itu sendiri?

4K TV adalah TV dengan jumlah pixel yang lebih besar dari TV dengan tipe High Definition. Untuk perbandingan, TV

4k Tv

HD (High Definition) memiliki pixel 1280 x 720 dan 1920 x 1080 untuk Full High Definition. Sedangkan TV 4K memiliki pixel 3840 x 2160. Dengan jumlah pixel yang jauh lebih banyak, 4K TV menawarkan proyeksi gambar yang lebih jernih dan detail.

4K TV juga pada umumnya disertai dengan teknologi layar seperti High Dynamic Range (HDR) dan Wide Colour Gamut (WCG) yang memaksimalkan pixel pixel berjumlah besar tersebut. 4K TV adalah pilihan terbaik bagi anda yang suka bermain game terutama dengan menggunakan konsol PS4 Pro dan Xbox One X. Selain itu juga 4K TV cocok untuk berbagai film Blu-Ray dan streaming video dengan ukuran 4K.

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, di Indonesia sendiri masih jarang ditemui konten yang berukuran 4K meskipun sudah mulai dikembangkan. Untuk channel TV lokal sendiri masih belum mencapai teknologi 4K. Hal ini bisa menjadi pertimbangan apabila anda ingin membeli 4K TV.

Teknologi 4K sendiri tidak hanya digunakan di TV saja. Sebelum beranjak ke TV, teknologi 4K telah digunakan oleh proyektor di bioskop. Sebelum teknologi 4K marak digunakan, terdapat satu teknologi diantara FHD dan 4K, yaitu 2K (2048 x unspecified) namun karena hanya digunakan untuk proyektor film bioskop, maka tidak banyak yang mengetahui akan teknologi tersebut.

Teknologi 4K pada TV sebenarnya secara teknis tidak mencapai 4000 pixel melainkan hanya sampai 3840 saja. Secara teknis teknologi 4K berarti secara horizontal memiliki resolusi hingga 4096 pixel. Namun yang menggunakan tepat hingga 4096 pixel pada saat ini hanyalah proyektor, bukan berupa TV.

 

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: