Mengenal 3 Jenis Bahan Bakar

Bahan bakar adalah seseuatu yang sangat dibutuhkan oleh semua manusia. Bahkan tanpa adanya bahan bakar ini kita akan merasa kesulitan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Misalnya saja seperti bahan bakar minyak yang sangat dibutuhkan untuk para pengguna kendaraan. Coba saja bayangkan jika distributor bahan bakar minyak tiba-tiba mengalami masalah dalam pendistribusiannya sehingga terjadi kelangksaan. Mobil semewah apapun yang kamu miliki tidak akan berguna karena tidak bisa berjalan tanpa adanya bahan bakar ini.
Namun meskipun kamu sudah sering memanfaatkannya dan sangat bergantung pada kehadirannya, mungkin

bahan bakar

bahan bakar

banyak dari kamu yang belum benar-benar memahami apa itu bahan bakar? Nah supaya kamu nggak hanya tahu bentuk dan cara memanfaatkannya saja, yuk kita bahas terlebih dahulu apa itu bahan bakar.
Menurut wikipedia, bahan bakar adalah materi apapun yanh bisa diubah menjadi energi. Bahan bakar ini umumnya mengandung energi panas yang dapat dilepaskan dan dimanipulasi. Untuk pemanfaatannya oleh manusia, pada umumnya bahan bakar akan melalui proses pembakaran yang kemudian akan melepaskan panas setelah mengalami reaksi dengan oksigen di udara.
Ada 3 jenis bahan bakar yang umum dimanfaatkan oleh kita dalam keseharian, yaitu:
• Bahan bakar padat
Untuk bahan bakar ini sebenarnya tidak semua orang memanfaatkannya, meskipun begitu masih cukup banyak yang menggunakannya. Contohnya adalah kayu dan batubara. Jika kamu tinggal di area perkotaan, mungkin sudah jarang menemukan orang yang memanfaatkan salah satu bahan bakar ini untuk memasak, kecuali di beberapa restoran yang masih memanfaatkannya. Alasannya karena memasak dengan menggunakan kayu atau batubara sebagai sumber energi panasnya memberikan rasa yang berbeda. Selain itu, bahan bakar ini juga masih aktif dimanfaatkan oleh industri yang membutuhkan proses pembakaran dengan suhu tinggi, seperti keramik.
• Bahan bakar cair
Ini adalah bahan bakar yang pastinya dibutuhkan oleh semua pemilik kendaraaan bermotor. Bahan bakar cair ini memiliki struktur molekul yang tidak rapat dan dapat bergerak bebas. Biasanya kita sering menyebutnya dengan bahan bakar minyak. Beberapa contohnya adalah solar yang biasa digunakan sebagai bahan bakar mesin diesel, premium, pertamax, dan minyak tanah yang notabede digunakan untuk keperluan rumah.
• Bahan bakar gas
Meskipun mungkin tidak semua orang memanfaatkan bahan bakar gas sebagai sumber energi panas ketika memasak, namun saat ini sudah banyak yang menggunakannya. Alasannya karena memasak dengan menggunakan kompor gas lebih praktis dibandingkan harus membakar kayu atau batubara sebelum memasak. Selain untuk keperluan tersebut, bahan bakar gas juga mulai aktif digunakan pada beberapa kendaraan berbahan bakar gas.
Bahaan bakar memiliki manfaat penting bagi kita, namun jumlahny sangat terbatas. Itulah sebabnya kita harus memanfaatkan bahan bakar ini sebaik-baiknya dan jangan menghamburkannya. (Vita)

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: