Mengemudi Aman Ketika Bersisian dengan Truk

Bagi pengendara jalan, mengemudi ketika bersisian dengan truk tronton dan truk wingbox, merupakan hal yang agak menyeramkan. Nah, untuk kalian yang memiliki ketakutan tersebut, coba untuk menyimak tips berikut, yuk. Dengan demikian ketika bersisian dengan truk mitsubishi terbaru, kalian tak perlu merasa canggung lagi.

  1. Tetap tenang dan jangan canggung. Terdengar tidak masuk akal, tetapi sebagian besar pengguna jalan mengakui bahwa mereka kerap merasa canggung ketika berhadapan dengan truk di jalan raya, terutama di
    truk

    truk

    jalan tol. Pasalnya, ukuran mobil yang besar membuat pengguna jalan lain merasa ‘ngeri’ dan takut ketika harus bersisian dengan truk. Belum lagi potensi kecelakaan yang cukup besar ketika truk berbelok atau bahkan mengubah jalur secara mendadak. Atas alasan inilah, banyak pengguna yang kemudian lebih memilih untuk menghindari truk di jalan raya. Namun sebenarnya, kebiasaan canggung ini justru berbahaya. Sebab ketakutan itu justru membuat kita mengambil keputusan yang semena-mena dan menjadi lengah dengan keadaan sekitar. Baiknya, tetap tenang dan konsentrasi saja ketika kita mengemudi di dekat truk, ya.

  2. Hindari titik buta pengendara truk. Selain menjaga konsentrasi dan tetap tenang, disarankan juga untuk menghindari titik buta pengendara truk. Bagi kalian yang belum tahu, bagi pengendara truk ada yang dinamakan ‘titik buta’. Hal ini merujuk pada bagian yang tidak terlihat oleh pengendara truk. Secara sederhana, jika cermin spion truk tidak terlihat, maka hindari area tersebut karena pengemudi truk tidak bisa melihatnya.
  3. Beri klakson dan jangan berhenti mendadak. Prinsip lain yang sebaiknya dilakukan saat mengemudi di dekat truk adalah memberikan tanda klakson setiap kali hendak mendahului. Jika memang harus mendahului truk, lakukan secepat mungkin dan jangan setengah-setengah hingga membuat pengemudi truk bingung. Jangan lupa berikan tanda berupa klakson atau lampu agar pengendara truk bisa mengetahui keberadaan kita. Dan lagi, jangan berhenti mendadak karena truk tidak bisa berhenti secepat mungkin hingga bisa menimbulkan potensi kecelakaan.
  4. Saat truk melaju kencang, baiknya beri ruang. Meski jarang terjadi, ketika kita melihat truk melaju dalam keadaan kencang baiknya berikan ruang bagi truk ini. Sebab jika kita memaksakan diri untuk melajukan kendaraan dengan kecepatan yang sama serta bersisian, terpaan udara dari truk ini bisa membuat mobil oleng.

Itu dia beberapa tips aman mengemudi yang bisa dilakukan ketika bersisian dengan truk. Silakan diterapkan dan jangan lupa drive safely! Semoga bermanfaat

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: