Mengatasi Kebosanan Makanan saat Diet

Menjaga asupan makanan merupakan salah satu cara menurunkan berat badan yang efektif.  Diet yang terlalu ketat akan membahayakan kesehatan tubuh. Mau berat badan turun drastis dengan diet namun kesehatan terancam?  Mendingan jangan. Lebih baik diet sehat dengan cara mengatur pola makan dan memastikan makanan yang dikonsumsi sehat dan bergizi. Sayangnya, tidak sedikit mereka yang menjalankan diet sehat dengan cara ini merasa bosan dengan makanan yang setiap hari dimakannya. Ini karena kurangnya variasi makanan yang bisa dikonsumsi.

Kebosanan tadi pun menjadi satu tantangan dalam menjalankan diet, yang pada akhirnya bisa saja membuat usaha diet kita gagal. Tapi, bukan berarti hal ini tidak bisa diatasi. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membantu kita ketika merasa bosan dengan menu diet kita, di antaranya:

Tambah variasi makanan

Coba coba jenis makanan baru di luar yang biasa kita makan. Misalnya bila biasanya kita memakan buah-buahan seperti apel, jeruk, pisang,

menu diet

menu diet

cobalah memilih buah-buahan jenis lain seperti cranberries, kiwi, dan lainnya. Lakukan hal yang sama dengan sayur dan sumber protein lainnya, namun tentunya masih dengan jenis yang sama dan sama-sama sehat.

Persiapkan menu

Persiapkan menu yang akan kita makan selama seminggu ke depan. Dengan begitu kita bisa melihat apakah kita menggulang-ngulang menu makanan kita atau tidak. Dengan menuliskan menu ini kita juga bisa sekalian mencari menu yang menarik dan membantu mempermudah belanja kita nanti.

Makan di luar

Sesekali makan di luar, misalnya seminggu atau dua mingu sekali bisa membantu kita saat mengalami kebosanan makanan ini. Tapi jangan terlalu sering juga, karena kebiasaan makan di luar ini bisa berbahaya bagi kondisi kantong kita.

Cari inspirasi makanan

Coba cek berbagai buku, majalah, atau website yang membahas tentang makanan saat kita kekurangan ide menu makanan. Simpan semua resep yang menurut kita menarik yang siapa tahu bisa digunakan suatu saat nanti. Tapi ingat, pilihlah resep yang sesuai dengan diet yang kita jalankan.

Ubah kebiasaan saat mempersiapkan makanan

Kadang, tidak perlu perubahan yang besar dalam menu makanan untuk bisa mengembalikan nafsu makan kita. Ada cara sederhana lain yang bisa membantu, yakni dengan merubah kebiasaan kita saat mempersiapkannya, misalnya dengan mengganti potongan wortel yang biasanya bulat-bulat menjadi potongan panjang, atau coba panggang sayuran alih-alih merebusnya seperti biasa, dan sebagainya.

Hias makanan agar menarik

Seni menghias makanan merupakan kebudayaan warga Jepang yang bisa membantu saat kebosanan makanan melanda. Daripada hanya menaruhnya asal-asalan di kotak makan seperti biasa cobalah susun makanan semenarik mungkin. Makanan yang tersusun dengan cantik terbukti dapat menggungah rasa lapar.

Rasa bosan dengan makanan yang itu-itu saja saat diet merupakan hal yang wajar, jadi jangan jadikan hal tersebut sebagai alasan diet yang sudah selama ini dijalankan menjadi gagal. Selamat diet! (raw)

Tags: , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: